Ciri-ciri Orang Kreatif

Seperti apakah orang yang kreatif itu ? Sifat-sifat apa yang dimiliki oleh orang kreatif ? Apakah menjadi kreatif itu sulit ? Apakah kreatif itu merupakan sifat keturunan ? Apakah sifat kreatif bisa ditumbuhkan ? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sering didengar. Karena itu kita coba mencari jawabannya.
Menurut beberapa pendapat dari yang lebih ahli, sifat kreatif bisa jadi adalah sifat keturunan, namun sifat kreatif juga bisa ditumbuhkan dengan cara dilatih. Jika sifat kreatif bisa ditumbuhkan dan dilatih, bagaimana cara untuk menumbuhkan dan melatihnya ?
Sebelum kita mencari cara untuk menjadi kreatif, akan lebih baik jika kita lebih dulu mengenal seperti apa sifat orang kreatif itu. Sebab dengan mengenal sifat orang kreatif, kita bisa mencari cara untuk melakukannya.

Sifat Orang Kreatif

Orang kreatif bisa kita kenali dari beberapa sifat yang mereka miliki, sifat-sifat ini antara lain:
Ingin tahu - orang yang selalu ingin tahu biasanya akan selalu berusaha untuk menjadi tahu, rasa ingin tahu yang besar bisa menjadi sumber motivasi untuk melakukan sesuatu. Orang yang kreatif selalu terlihat sibuk mengerjakan atau mencari sesuatu, mereka terlihat sangat antusias dengan apa yang dikerjakannya. Itu karena adanya dorongan rasa ingin tahu yang kuat.
Masalah - orang yang kreatif melihat permasalahan sebagai hal yang menarik, dan mau menerima permasalahan tersebut. Kita terbiasa melihat masalah sebagai halangan dan hal yang tidak bisa diterima. Sehingga kita selalu berusaha lari dari permasalahan daripada mencari pemecahannya. Orang yang kreatif tidak lari dari permasalahan, mereka malah asyik mencari-cari solusinya.
Menantang - orang yang kreatif tidak akan lari dan menghindar bila diberi tantangan. Banyak orang yang menjadi suksess setelah diberi tantangan dan menerima tantangan tersebut sebagai sebuah kesempatan.
Tidak puas - orang kreatif tidak pernah menerima begitu saja hal-hal yang dianggapnya salah. Hal ini membangkitkan motivasi untuk mencari dan menemukan hal-hal yang bisa membuat sesuatu jadi lebih baik. Semangat untuk membangun inilah yang membuat mereka menjadi kreatif.
Optimis - orang kreatif berkeyakinan bahwa setiap masalah pasti ada solusinya (mungkin tidak semua masalah), tidak ada tantangan yang terlalu besar baginya. Ini bukan berarti orang kreatif selalu bahagia dan tidak pernah merasa tertekan atau depresi, tapi mereka tidak membiarkan dirinya tenggelam dan berdiam diri menghadapi permasalahan.
Menilai - orang kreatif tidak gampang memberikan penilaian dan mengambil sikap akan suatu ide. Suatu ide besar pada awalnya seringkali dianggap sebagai ide yang gila. Jika kita cepat memberi penilaian bahwa ide tersebut gila dan tidak masuk akal, maka ide tersebut akan hilang dan tidak akan pernah menjadi kenyataan.
Kesulitan - dalam perjalanan menjadi kreatif tidak sedikit kesulitan yang akan menghadang, hal inilah yang membedakan orang yang menjadi kreatif dengan yang kurang kreatif. Orang kreatif melihat kesulitan sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan, semakin tinggi kesulitan yang dihadapi berarti akan semakin meningkat pula kemampuan jika bisa melewatinya.
Flexibel - kita sering terkagum-kagum bagaimana orang kreatif menyelesaikan suatu hal yang kita anggap sangat sulit, begitu mudahnya mereka melihat permasalahan dan menghasilkan solusinya. Mereka menyelesaikan permasalahan dengan cara yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita, cara mereka menyesaikan masalah tersebut seringkali terlihat sangat sederhana, tidak berbelit-belit dan rumit seperti yang kita bayangkan sebelumnya. Orang kreatif mempunyai pemikiran dan imajinasi yang flexibel dan tidak kaku sehingga mereka bisa melihat berbagai celah yang tak terlihat oleh kita.
Menurut kamu apalagi sifat-sifat orang kreatif itu ? dan apakah sifat-sifat ini bisa dilatih ? menurutku: seperti juga sifat-sifat lainnya, sifat-sifat ini pasti bisa juga kita miliki jika kita melatihnya.
Setelah kita mengetahui beberapa sifat dari orang kreatif ini, bagaimanakah cara kita agar bisa menjadi kreatif juga. Usaha apa saja yang dapat dilakukan agar menjadi kreatif seperti mereka ? dimana mencari jawabnya ?
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Pondok Reot Template | Pondok REot Template
Copyright © 2011. pondok reot - Hak cipta dilindungi undang-undang
Template Created by Creating Website Published by Pondok Reot Template
Proudly powered by Blogger