Tips Melakukan Facial Dirumah



Semua Wanita mendambakan kulit wajah yang bersih dan bebas dari jerawat maupun flek hitam. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkannya adalah dengan melakukan facial. Mungkin sebagian besar Wanita rutin melakukan perawatan dengan facial disalon. Tapi sudahkah Anda mencoba melakukan facial sendiri di rumah? Selain murah, persiapannya juga tidak sulit, cocok untuk jenis kulit berminyak, kering dan kombinasi. Cukup luangkan waktu Anda sekitar 25-30 menit.



Pertama-tama Anda perlu mempersiapkan :

- Pembersih Wajah
- Krim untuk pengelupasan (scrub)
- Air hangat dan waslap khusus wajah
- Masker
- Pelembab

Setelah itu Anda dapat mulai melakukan perawatan facial. Berikut caranya :

1 Bersihkan Wajah
Bertujuan mengangkat semua kotoran sebagai langkah awal. Untuk kulit berminyak dan kombinasi, bersihkan dengan foaming cleanser/busa pembersih (soap-free). Untuk kulit kering, pakailah cream cleanser/susu pembersih.

2. Pengelupasan
Dengan menggunakan jari-jari tangan Anda, usapkan krim scrub membentuk gerakan sirkular pada wajah Anda. Konsentrasikan area sekitar hidung dan dahi jika kulit Anda termasuk jenis kombinasi. Basuh wajah sampai bersih mengingat butiran krim scrub cenderung mengeringkan kulit.

3. Penguapan
Isi baskom berukuran sedang dengan air hangat, celupkan waslap khusus untuk wajah, peras lembut lalu tekan-tekan wajah Anda sebanyak 2-3 kali.

4. Gunakan Masker
Jika wajah Anda berminyak, gunakan masker berbahan dasar tanah liat. Kulit kering disarankan untuk menggunakan masker berbentuk hydrating gel atau krim. Kenakan masker selama 10-20 menit (atau sesuai instruksi pada kemasan) dengan menghindari area sekitar mata. Bersihkan dengan air.

Selain menggunakan bahan-bahan masker yang dijual, Anda pun bisa melakukan facial dengan menggunakan masker buah-buahan atau bahan alami.

- Masker Bengkuang Atau Mentimun

Bengkuang sejak dulu dikenal mampu mengatasi flek hitam di wajah. Begitupun dengan mentimun. Anda tinggal memblendernya, lalu lumurkan di wajah agar flek hitam memudar.

Tapi gunakanlah buah-buahan yang masih segar dan kondisinya baik. Sebab bila tak hati-hati,alih-alih menyembuhkan, kulit wajah Anda malah akan gatal-gatal. Jika wajah terlanjur perih dan gatal-gatal, maka yang harus Anda lakukan adalah oleskan tipis-tipis madu asli di wajah selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Lalu basuh wajah dengan air es, tepuk-tepuk perlahan dan merata sampai terasa segar.

Perawatan dengan bengkoang atau mentimun yang diblender, baik bagi Anda yang aktif bekerja di luar ruangan. Efek sari bengkuang atau mentimun yang dingin, akan terasa sejuk di wajah sesaat setelah Anda memakainya.

- Irisan Jeruk Nipis

Bagi Anda yang berusia di atas 40 tahun, irisan jeruk nipis yang merata di kulit wajah & seluruh tubuh mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Diamkan hingga kering, lalu bilaslah dengan air hangat-hangat kuku agar pori-pori terbuka. Setelah itu, bilas kembali dengan air dingin agar pori-pori merapat.

- Teh

Selain jeruk nipis, kandungan antioksidan yang terdapat didalam teh juga baik untuk mencegah penuaan dini. Teh mengandung tanin yang sangat baik untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari, mengencangkan bibir, merawat kulit wajah, dan menghitamkan rambut.
Caranya ;
~ Inapkan secangkir teh kental (tawar) semalam.
~ Oleskan air teh keseluruh kulit wajah & tubuh.
~ Biarkan kering dengan sendirinya.
~ Bilas dengan air hangat untuk membuka pori kulit, lalu bilas dengan air biasa.

Teh juga bermanfaat untuk menyegarkan mata lelah. Anda tinggal meletakkan sekantong teh celup yang sudah dingin langsung pada kelopak mata. Sambil berbaring, Anda dapat sekaligus melakukan perawatan kulit wajah & mata.

Hindari Toner Wajah

Saat membersihkan wajah dengan menggunakan susu pembersih di malam hari atau pagi hari, cukup bilas wajah dengan air bersih biasa. Anda tak memerlukan toner, astringent atau face tonic, karena pemakaiannya justru dapat mengakibatkan kulit wajah bertambah kering. Kecuali jika kulit wajah Anda berminyak.

Jika Anda rajin melakukan facial sendiri di rumah, pastikan selalu kulit wajah Anda sudah lebih dulu dibersihkan. Perlu diingat, penggunaan bahan alami memang hasilnya tak bisa instan seperti yang dilakukan dengan laser atau lainnya di salon. Tapi bila dilakukan secara rutin dan benar, hasilnya tak kalah bersihnya.

5. Berikan Pelembab

Langkah selanjutnya setelah wajah Anda dibersihkan dari masker,bubuhkan pelembap, namun hindari pelembap yang mengandung retinol atau asam, karena dapat mengeksfoliasi kulit secara berlebihan (over-exfoliate).

Selesai sudah facial Anda! Praktis dan murah kan?

Namun sebelum melakukan perawatan wajah, ada baiknya Anda kenali dulu jenis kulit Anda. Pada dasarnya kulit wajah terbagi dalam tiga jenis, yaitu:

Kulit Normal

- Biasanya di daerah T (seperti dahi, hidung dan dagu) memproduksi minyak berlebihan, pori-pori pun lebih besar dari pada bagian wajah lainnya.
- Setelah wajah dibersihkan, kulit pipi akan terasa kencang.
- Kerutan seiring bertambahnya usia akan ada di sekitar mata, dahi, dan bagian atas bibir.
- Kulit mudah terbakar sengatan matahari, sehingga terlihat kemerahan atau kecokelatan.

Kulit Berminyak

- Umumnya memiliki pori-pori besar dan berkomedo.
- Kulit wajah tampak mengkilap serta riasan mudah luntur.
- Kerutan di wajah lebih lambat ketimbang jenis kulit lainnya.

Kulit Kering

- Mudah terkelupas dan terbakar jika terkena sengatan matahari. Di udara dingin mudah teriritasi atau gatal-gatal.
- Daerah T kadang seperti bersisik dan kulit wajah terasa kencang sesaat setelah dibersihkan.
- Kerutan lebih cepat muncul, bukan hanya pada wajah, tapi juga padakulit tubuh lainnya.

Kulit Sensitif

- Mudah teriritasi jika kena kosmetik tertentu atau terkena paparan sinar matahari.
- Kulit umumnya kering dan terkesan "tipis" sekali.
- Kulit akan terasa kencang sesaat setelah dibersihkan.
 

Tips Kecantikan Wajah Secara Alami

Tips Kecantikan Wajah Secara Alami mungkin kamu butuhkan untuk bisa membuat wajahmu menjadi lebih cantik alami karena kecantikan itu harganya mahal menjaga kecantikan juga mutlak bagi perempuan karena pada dasarnya semua perempuan pengen tampil cantik, ini dia Tips Kecantikan Wajah Secara Alami 


1. Menggunakan masker wajah yang alami ( buah atau sayur )
Buah yang dapat digunakan seperi stroberi, anggur, pisang, lemon, almond, alpukat, tomat, timun. Caranya mudah sekali, hanya tinggal menghancurkan buah yang kalian pilih dengan cara ditumbuk, dan apabila terlalu kental bisa ditambahkan dengan yoghurt. Pakai masker paling tidak seminggu sekali.
masker wajah
2. Pergi ke salon kecantikan
Kalau kalian malas membuat masker-masker diatas, bisa juga mengunjungi salon kecantikan untuk mendapatkan perawatan kecantikan wajah secara alami. Tidak perlu takut dengan harga mahal yang akan dipatok, karena ada juga loh beberapa salon kecantikan yang berani memberikan diskon super besar untuk servis fantastis mereka.
3. Makan bayam
Studi menunjukkan kalau bayam kaya akan vitamin K yang sangat penting dalam menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit
bayam
4. Banyak makan vitamin B
Seseorang yang rajin mengkonsumsi vitamin B3, 14% dari jerawat mereka berkurang sesudah 8 minggu dibandingkan dengan menggunakan obat resep.
6. Rajin membersihkan dan merawat wajah adalah kunci kecantikan wajah. Luangkan waktu 15 menit dipagi hari dan 15 menit sebelum tidur untuk benar-benar merawat wajah anda. Anda dapat merawat wajah menggunakan scrub, masker, atau krim malam. Jika tidak sempat, setidaknya anda telah membersihkan wajah dan menggunakan penyegar sesudahnya.
7. Pilihlah produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit. Jangan tergoda dengan iklan atau harga murah.
8. Selalu gunakan pelembap setelah wajah dibersihkan. Pelembap sangat penting untuk menjaga kecantikan wajah. Jika anda akan bepergian, jangan lupa tambahkan tabir surya agar terhindar dari efek buruk sinar UV matahari
9. Menggunakan makeup natural membantu anda menjaga kecantikan wajah karena makeup yang anda gunakan tidak terlalu berat. Pilih warna-warna natural seperti pink atau coklat agar kulit terlihat segar. Makeup yang tidak berlebihan membuat anda tampil cantik alami
10. Cuci sarung bantal dan sprei secara teratur. Kotoran yang menempel pada sarung bantal dan sprei dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat saat bersentuhan dengan kulit wajah.
Mudah bukan silahkan di baca dan dipraktekan ya Tips Kecantikan Wajah Secara Alami hanya disini loh di berita terbaru.

sumber
 

Cerita di Balik Kosmetik Wanita


Pernahkah Anda berpikir seperti apa wanita pada tahun 10.000 SM? Melihat yang terjadi saat ini, wanita tampil cantik dan menarik dengan polesan kosmetik di wajahnya. 
Tentu penemuan kosmetik bukan tanpa sebab. Berikut ulasan Vanity Fair tentang kosmetik dan kecantikan wanita dari zaman ke zaman.
1. Spiritualitas 
Pernahkah Anda melihat gambar-gambar wanita Mesir Kuno? Kecantikan klasik mereka dihiasi dengan warna yang mencolok. Bagi mereka, penampilan yang menarik dan aroma tubuh merupakan hal penting, karena ekspresi dari ungkapan 'kebersihan adalah nilai-nilai ketuhanan'.
Masyarakat Mesir Kuno tergolong sebagai orang yang sangat religius dan percaya bahwa penampilan mereka secara langsung berhubungan dengan tingkat spiritualitas. Karena itu, dalam keadaan sembahyang pun, mereka harus menemukan cara untuk membuat dirinya terlihat rapi dan menarik.
Mereka juga dikenal sebagai orang yang sangat pandai dan inovatif. Penemuan kosmetik adalah inovasi yang mereka kembangkan dari bahan-bahan alami. Percayakah Anda bahwa mereka memiliki produk kosmetik yang dapat menghilangkan strecth mark, keriput, bekas luka, dan membuat rambut berkilau pada sekitar tahun 15 hingga 10 SM?
Beberapa kosmetik lainnya yang berkembang saat itu adalah riasan mata, krim wajah, dan parfum. Penemuan kosmetik saat itu erat kaitannya dengan penggunaan bahan yang disebut dengan mesdemet yang terbuat dari tembaga dan oksidasi timah. Bahan tersebut memang tidak aman untuk diaplikasikan pada wajah, tapi mereka melakukannya karena kedua bahan mampu bekerja dengan sempurna.
Mereka menggunakan warna hijau di garis mata bagian bawah, warna hitam atau abu-abu pada garis mata atas dan kelopak mata. Selain dipercaya dapat mempercantik penampilan mereka, warna-warna tersebut juga dipercaya dapat menangkal mata setan.
Mata setan diartikan sebagai serangga, karena saat itu terdapat banyak serangga penggangu di sekitar Sungai Nil. Kosmetik dibuat dengan tujuan ganda dan banyak yang digunakan sebagai sarana pengobatan.
Kombinasi almond bakar dengan tembaga dan biji timah digunakan sebagai riasan mata yang disebut celak atau eyeliner. Bubuk hitam tersebut diaplikasikan dengan menggunakan tongkat tembaga kecil. Sedangkan untuk mendapatkan warna merah pada pipi dan bibir, mereka mencampurkan tanah merah dan air. Kecantikan kuku pun tak dilupakan. Mereka menggunakan tumbuhan hena untuk mewarnai kuku dengan warna oranye atau kuning.
Orang-orang Mesir Kuno tak hanya pandai dalam menggunakan produk-produk alam. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh L'Oreal bersama peneliti Louvre di Paris mengungkapkan bahwa mesdemet terbuat dari 7-10 persen lemak. Dan, hal tersebut sama saja dengan komponen-komponen kosmetik saat ini.

2. Perubahan fungsi kosmetik
Pada 10.000 SM, kosmetik tak hanya digunakan untuk meningkatkan kecantikan wanita, tapi juga pria. Untuk membersihkan kosmetik, mereka menggunakan pembersih yang terbuat dari minyak nabati atau hewani yang dicampur dengan bubuk kapur.
Udara yang panas pun membuat mereka menggunakan minyak parfum untuk menjaga kelembutan kulit dan wangi tubuh. Seiring berjalannya waktu, melalui invasi dan migrasi, serta akulturasi budaya, fungsi kosmetik pun berubah. Jika orang-orang Mesir Kuno menggunakan kosmetik yang berhubungan erat dengan kepercayaan mereka, Orang Yunani kuno menggunakan kosmetik untuk menarik perhatian lawan jenis.
Lain lagi dengan orang-orang Romawi yang menggunakan kosmetik dengan latar belakang kesombongan. Tak hanya di wajah, mereka bahkan menggunakan kosmetik di seluruh tubuhnya. Seorang Romawi bernama Platus bahkan berujar 'wanita tanpa kosmetik seperti makanan tanpa garam'.
Gaya hidup orang Romawi tanpa batas, termasuk sumber kosmetik yang mereka gunakan. Misalnya, mereka menggunakan lemak dari domba, dicampur dengan darah untuk membuat cat kuku. Mereka bahkan mandi menggunakan lumpur yang dicampur dengan kotoran buaya.

3. Tren wajah pucat 
Selama berabad-abad, wajah pucat adalah penampilan yang sangat diinginkan karena akan mendefinisikan strata yang tinggi pada kehidupan sosial. Itu karena mereka yang bekerja di ladang akan memiliki kulit yang kusam dan hitam, sementara yang bekerja di dalam ruangan akan memiliki kulit putih.
Lalu, mereka yang berkulit pucat memiliki banyak uang sehingga tidak perlu bekerja. Untuk mendapatkan penampilan tersebut, para wanita dan pria menggunakan bedak bubuk yang terbuat dari hidroksida, karbonat, dan oksida timah. 
Sayangnya, ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan bedak tersebut. Karena itulah, mereka mencari alternatif kosmetik lainnya. Pada abad ke-19, bedak yang terbuat dari hasil oksidasi besi ditemukan. Bedak inilah yang masih digunakan hingga saat ini.
Seiring dengan perpindahan industri kosmetik ke Hollywood di abad ke-20, tren wajah pucat tergantikan oleh kulit kecokelatan. Inilah yang menjadi landasan baru bagi penciptaan seluruh produk kecantikan. Pada 1929, muncul foundation dan bedak yang dapat mencokelatkan kulit secara instan.

4. Penampilan lebih muda
Selama tahun 1900, banyak wanita paruh baya melakukan kegiatan di dunia hiburan. Karena itulah mereka harus terlihat cantik dan lebih muda. Namun, gaya hidup yang tidak sehat seperti tidak makan makanan sehat, tidak berolahraga, dan hidup di dalam udara penuh polusi, membuat penampilan terlihat lebih tua.
Sehingga, mereka sangat bergantung pada kosmetik, terutama krim wajah dan produk anti penuaan. Cara lainnya, mereka selalu menyempatkan diri mengunjungi salon-salon kecantikan. Salah satu salon yang paling terkenal pada masa itu adalah House of Cyclax di London. 
Lucunya, mereka sangat malu mengakui kalau memerlukan perawatan kecantikan. Karena itu, perawatan dilakukan secara diam-diam. Pemilik House of Cyclax juga menjual krim wajah, dan perona pipi secara diam-diam. Salah satu produknya adalah kertas bubuk berwarna, yang jika ditekan pada wajah yang berminyak, maka minyak akan terserap di kertas tersebut dan wajah menjadi bersinar.

5. Industri kosmetik populer di abad ke-20
Seiring meningkatnya popularitas salon kecantikan di abad ke-20, penjualan kosmetik tak lagi dilakukan diam-diam. Industri kosmetik pun semakin mapan. Hal ini dimulai dari pergerakan penjualan kosmetik oleh Salon Selfridges yang dibuka di London pada 1909. Wanita semakin percaya diri dan tidak khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan.
Kosmetik adalah bagian dari seni. Salah satu pengaruh terbesar dari perkembangan kosmetik adalah seni pertunjukan, lebih tepatnya balet. Ketika penari Balet asal Rusia datang ke London, seorang desainer, Paul Poiret, mengambil gaya tersebut dan menciptakan keseluruhan penampilan mereka yang lebih berwarna. Penampilan tersebut tercermin pada kosmetik, tidak hanya pada pakaian yang digunakan.
Peran kosmetik sempat tergantikan dengan adanya tren tato. Beberapa wanita lebih memilih menato alis, pipi dan bibir agar tidak direpotkan dengan ritual berdandan setiap hari. Penggunaan kosmetik juga sempat menyusut selama Perang Dunia II karena mereka kekurangan bahan untuk memproduksi kosmetik. Namun, ketika perang usai, wanita kembali dimanjakan dengan berbagai macam kosmetik.
6. Menutupi kekurangan
Saat ini, kosmetik pun menjadi kebutuhan mendasar bagi penampilan wanita dan pria. Tak peduli apa pekerjaan Anda, kosmetik dapat memengaruhi seluruh penampilan Anda. Sama seperti tujuan dari perkembangan fashion, berbagai macam kosmetik beredar di masyarakat untuk membantu Anda menutupi kekurangan pada tubuh.
• VIVAnews
 

10 Merk Kosmetik Terbaik untuk Cantik Alami





Mungkin Anda tidak menyadari, sudah berapa banyak merk kosmetik yang pernah dicoba. Kebanyakan wanita memang gemar bereksperimen untuk mendapatkan kecantikan.

Berbagai produk keluaran terbaru pasti tidak pernah luput dari sasaran pembelian. Sekedar mencoba, atau hanya sebatas ingin menguji kualitasnya. Mungkin Anda juga termasuk kategori yang tidak fanatik terhadap satu merk kosmetik.


Mendapatkan produk yang sesuai dengan kondisi kulit memang tidak cukup hanya denagn membaca label kemasan saja. Anda harus mencobanya hingga mendapatkan produk terbaik, yang mungkin tidak harus mahal. Seperti dilansir iVillage, berikut 10 produk kosmetik terbaik yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Maybelline Eye Studio Color Tattoo
Produk eyeshadow berbentuk gel ini tahan hingga 24 jam. Warna-warna yang sangat inten tersedia untuk mempercantik mata Anda. Kelebihannya, produk ini diformulasikan dengan bahan anti hidrasi yang aman untuk kulit mata yang super sensitif. 

2. L’Oreal Voluminous False Fiber Lashes Mascara
Untuk mendapatkan bulu mata tebal dan lentik, Anda dapat mengandalkan maskara keluaran Loreal ini. Produk yang terbuat dari bahan fiber alami ini dapat digunakan sepanjang hari. Cukup murah, hanya sekitar Rp80.000,-

3. CoverGirl & Olay Tone Rehab 2-in-1 Foundation Base
Ini adalah produk kosmetik yang memiliki fungsi ganda. Sebagai dasar riasan, sekaligus merawat kehalusan kulit. Didalamnya terdapat serum anti hidrating. Saat menggunakannya, warna foundation ini akan tampak seperti warna kulit sehingga riasan tidak terkesan tebal. 

4. Nuance Salma Hayek Mamey Fruit Volumizing Shampoo & Conditioner
Bagi pemilik rambut kering, mungkin ini dapat Anda coba. Shampoo dengan bahan buah-buahan yang memberikan aroma lembut. Kelebihannya, samphoo ini bebas paraben dan sulfat, bahan kimian yang dapat merusak rambut. 

5. E.L.F. Essential Clarifying Pressed Powder
Saat menggunakan pada wajah, formulanya akan langsung mengikat minyak sehingga menciptakan kesan matte yang alami. Tentu ini akan membebaskan Anda dari kulit berkilap. 

6. Revlon Color Stay Nail Polish 
Mendapatkan kuku yang indah tidak memerlukan tindakan yang rumit. Anda cukup memoleska cat kuku yang mampu memberikan efek kilau seperti produk dari Revlon ini. Warnanya cukup awet. Anda juga tidak perlu menunggu lama untuk mengeringkannya.

7. Suave Professionals Keratin Infusion
Ini juga produk terbaik untuk jenis rambut kering. Terutama saat Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan rambut, shampoo ini sangat membantu. Anda hanya perlu menyemprotkannya pada rambut.

8. Neutrogena Revitalizing Lip Balm SPF 20
Masih mencari pelembab bibir terbaik? Produk yang dapat meningkatkan warna pada tekstur bibir ini dapat menjadi pilihan. Selain warna yang alami, produk ini juga siap melindungi bibir dari sinar matahari.

9. Garnier Fructis Sleek & Shine Moroccan Sleek Oil Treatment
Produk perawatan berbahan dasar minyak argan ini diciptakan untuk rambut ikal. Minyak ini diperlukan untuk memberikan nutrisi pada rambut dan menciptaka tekstur rambut yang lebih halus.

10. Dove Style+Care Thermal Replenishment Spray
Hair styling produk dari Dove ini mampu menjawab masalah rambut kusut. Selain itu juga menghindari rambut bercabang yang disebabkan oleh matahari atau alat styling bersuhu panas.
VIVAlife -  
sumber 
 

CARA MEMBACA RESEP DARI DOKTER

Entah kenapa kok terfikir kembali Back To Basic. Maksudnya mau posting masalah Farmasi lagi. Postingan kali ini adalah Bagaimana sih Cara Membaca Resep Dari Dokter? Terkadang ada kesulitan dari kaum awam masih yang belum tahu apa itu resep dan Bagaimana Cara Membacanya. Postingan ini sekedar berbagi, agar ketika kita berobat ke dokter dan diberi resep, kita minimal dapat membacanya dan tahu maksud dari dokter memberikan obat dalam resep kita tadi.

Resep dapat diartikan sebagai Permintaan Tertulis dari seorang Dokter maupun Dokter Hewan terhadap sejumlah Obat atau Alat Kesehatan kepada seorang Apoteker di Apotek.

Lalu bagaimana kita, sebagai orang awam dapat membacanya? Mari kita lihat contoh Resep Dokter dibawah ini (klik gambar untuk lebih jelasnya):


Keterangan gambar :

1. Sebuah Resep yang Lengkap diantaranya Harus Mencantumkan Nama Dokter dan Alamat Prakteknya, seperti terlihat dibagian atas Resep ini.

2. Harus menyertakan Tanda R/ di resepnya. Tanda R/ ini singkatan dari Bahasa Latin yakni Recipe artinya Ambilah.

3. Di bagian R/ yang pertama terlihat ada beberapa obat dalam satu R/. Sudah bisa ditebak, bahwa Obat ini akan diracik. Obat yang terdapat didalam R/ yang pertama terdiri dari : CTM, Efedrin, Aminophyline, Laktas Calsium, Glyceril guaicolate. Jumlah Miligram (mg) atau Tablet (tab) disamping obat, adalah jumlah obat yang dibutuhkan.

4. Masih diresep R/ pertama, ada perintah Cara Pembuatan dengan kata-kata seperti ini : " m.f. pulv. dtd No. XC da in caps". Ini adalah singkatan dalam Bahasa Latin yakni "Misce Fac Pulvis Da Tales Dosis Numero XC, Da In Capsule".

m.f = Misce Fac = Buatlah
pulv = Pulvis = Serbuk
dtd = Da Tales Dosis = Sesuai Dosis
No. XC = Nomero XC = Banyaknya 90
da in caps = Da In Capsule = Buat dalam bentuk Kapsul

5. Masih di R/ yang pertama. Tertulis "S. 3 dd caps I". Ini dapat diartikan : Signa Tre De Die Capsule Uno. Artinya : Tandailah 3 Kali Sehari Satu Kapsul.

6. Beralih di R/ yang kedua. Tertulis "Salbutamol 2mg tab No VL". Artinya : Obat Salbutamol 2mg Berbentuk Tablet Sebanyak 45 Tablet. Setelah itu tertulis juga : "S. 3 dd ½", artinya "Pakailah Salbutamol 2mg itu, 3 kali sehari 1/2 Tablet sekali minumnya"

7. Beralih ke R/ yang ke tiga. Tertulis "Interhistin tab No XXX". Sama dengan R/ yang kedua, Obat Interhistin diminta sejumlah 30 tablet. Dan dibawahnya tertulis aturan pakainya : "S. 2 dd 1", artinya Minumlah 2 Kali sehari masing-masing 1 tablet.

8. Masuk ke R/ ke empat. Disana tertulis "OBH Syr fl. I". Bahasa latinnya : "OBH Sirup Flesh Uno". Artinya : "OBH Sirup sebanyak 1 Botol. Dibawahnya tertulis aturan pakai nya "S. 3 dd C I". Bahasa Latinnya : "Signa Thre De Die Cochlear Uno". Artinya : "Minum OBH Sirup 3 Kali Sehari Satu Sendok Makan".

9. Setelah pembahasan semua jumlah obat, tidak kalah pentingnya, bahwa Nama Pasien, Umur dan Alamat. Jangan terima jika resep bila Nama Pasien Anda tidak jelas atau lengkap (Bagi Petugas Apotek).

10. No. RM = Nomer Rekam Medik. Artinya Pasien Tn Sodikin sedang menjalani Rawat Inap di RSAL Mintohardjo.

Demikian postingan untuk berbagi, Bagaimana Cara Membaca Resep Dari Dokter. Semoga bagi kita yang sedang sakit dan mendapat Resep dokter ini, dapat tahu gambaran dalam membacanya. Semoga bermanfaat.

 

Diabetes itu bukan karena kebanyakan konsumsi gula


Dunia sedang menghadapi ledakan penderita diabetes. Data paling baru menyebutkan angkanya mencapai 350 juta orang di seluruh dunia, jauh melebihi prediksi Federasi Diabetes International (IDF) yang memproyeksikan tahun 2010 ada 285 juta penduduk dunia yang akan menjadi korban penyakit yang bisa merenggut penglihatan, bahkan kematian ini.
Walaupun para ahli sepakat diabetes merupakan masalah kesehatan terbesar di abad 21, nyatanya masih banyak orang yang angkat bahu ketika ditanya tentang kemungkinan menderita penyakit ini. Selain karena gejalanya memang tidak terlihat, tak sedikit yang masih mengira penyakit ini disebabkan karena mengasup makanan manis terlalu banyak.
Padahal, menurut dr.Budiman Darmowidjojo, Sp.PD, diabetes melitus tidak berhubungan dengan kebanyakan makan gula. Seseorang didiagnosis diabetes ketika tubuhnya tidak cukup menghasilkan insulin atau tidak menggunakan insulin yang ada dengan benar. "Tidak benar jika penyakit ini timbul karena kebanyakan makan makanan manis," katanya.
Faktor yang menyebabkan tingginya jumlah penderita adalah karena perubahan pola makan menjadi tinggi lemak dan kurangnya aktivitas fisik. Keterkaitan penyakit ini dengan gula mungkin berpangkal dari kenyataan penderita diabetes harus membatasi asupan gula mereka.
"Yang harus dibatasi sebenarnya bukan hanya gula, tetapi total kalori karena sebagian besar yang kita makan untuk dijadikan energi akan diubah menjadi glukosa. Pada penderita diabetes, pola makan yang tidak terkontrol akan meningkatkan kadar glukosa," papar dokter dari Divisi Endokrinologi dan Metabolisme Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM Jakarta.
Pada orang sehat, glukosa secara otomatis diserap oleh sel-sel. Tubuh menggunakan insulin yang dihasilkan oleh sel B pankreas untuk membuka reseptor sel sehingga glukosa bisa masuk. Akan tetapi pada orang yang menderita diabetes, terjadi resistensi insulin sehingga gula darah tidak dapat masuk.
Gula yang berlebih ini terkumpul dalam aliran darah dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan komplikasi. "Sebenarnya yang berbahaya bukan gula darah yang tinggi, tetapi komplikasi yang ditimbulkannya," imbuhnya.
Komplikasi
Diabetes merupakan penyakit yang menyerang diam-diam namun pada akhirnya akan menjadi bencana. Penyakit yang makin umum ditemui ini setiap tahunnya membunuh tiga juta orang di seluruh dunia.
Menurut dr.Budiman, penyebab kematian pasien diabetes sebenarnya bukan karena penyakit itu sendiri tetapi komplikasinya. "Hampir 40 persen meninggal karena penyakit jantung, sisanya karena gagal ginjal, stroke, atau kanker," papar ketua Jakarta Diabetes Meeting yang akan diadakan November 2011 mendatang ini.
Komplikasi yang mungkin ditimbulkan oleh diabetes ada yang akut, seperti hipoglikemi (gula darah terlalu rendah) atau hiperglikemia (gula darah terlalu tinggi), atau komplikasi kronik.
"Komplikasi kronik sendiri ada yang memengaruhi pembuluh darah besar seperti penyakit jantung koroner atau stroke, atau yang memengaruhi pembuluh darah kecil sehingga pasien menderita gangguan saraf, ginjal, impotensi, atau kebutaan," paparnya.
Kadar gula darah yang tinggi, terang Budiman, juga akan mengganggu sistem hormonal sehingga kadar hormon tertentu meningkat yang berujung pada naiknya tekanan darah. "Sekitar 60-80 persen pasien diabetes menderita hipertensi," katanya.
Karena itulah sangat penting untuk memeriksakan gula darah guna mawaspadai naiknya kadar gula darah, terutama jika dalam riwayat keluarga ada yang menderita penyakit ini, usia Anda melebihi 40 tahun, menderita kegemukan atau menunjukkan gejala-gejala penyakit ini.
Perbaiki pola makan
Salah satu cara untuk menghindari diabetes adalah dengan menjaga berat badan tetap normal, melakukan olahraga secara teratur, dan memperbaiki pola makan. Ini berarti makan dengan pola makan sehat yang terfokus pada buah-buahan dan sayuran.
Penelitian menunjukkan untuk setiap kelebihan 40 gram lemak yang Anda makan dalam sehari, risiko untuk menderita diabetes meningkat tiga kali lipat. Dan bila Anda sudah menderita diabetes, Anda berpeluang besar mengalami komplikasi.
"Hal ini terjadi karena lemak tubuh membuat sel-sel menolak insulin," kata Frank Q.Nittal, M.D, dalam laporan yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology.
Sementara itu penderita diabetes disarankan untuk makan setiap empat atau lima jam dalam porsi kecil. "Yang penting adalah mengatur kalori total," kata Budiman. Kendati demikian penderita diabetes tetap disarankan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi gula. Kebutuhan akan makanan yang manis ini bisa dipuaskan dengan pemanis buatan rendah kalori.
Saat ini belum ada obat untuk mengobati diabetes. Itu sebabnya sayangi diri Anda dengan menjaga gaya hidup yang sehat, yang meliputi pola makan, olahraga, istirahat, serta menghindari stres. Pada penderita diabetes pun gaya hidup yang sehat dapat menjaga gula darah tetap stabil sehingga penyakit ini bisa dikendalikan.
kompas.com
 

DAMPAK NEGATIF KOMSUMSI SODA DIET

Demi alasan kesehatan dan berat badan, Anda mulai mengurangi konsumsi soda dan beralih pada soda diet. Menurut para pakar kesehatan, diet soda memang bebas dari kandungan kalori.
Namun bukan berarti minuman tersebut tidak memiliki dampak negatif pada tubuh.Seperti yang dikutip dari Prevention International, berikut alasan agar Anda tidak lagi mengonsumsi soda diet. 
1. Tidak Baik untuk Kulit
Diet soda bisa menurunkan tingkat pH kulit, sehingga dapat menyebabkan jerawat dan menjadikan wajah kusam. Menurut Dr Jeanette Graf, penulis buku 'Stop Aging, Start Living: The Revolutionary 2-Week pH Diet', "Jika ada satu hal yang tidak boleh Anda konsumsi adalah soda. Soda adalah zat pembentuk asam yang ekstrem dan bisa menurunkan tingkat pH Anda secara dramatis." 
2. Buat Mood Berubah-ubah
Kandungan aspartam di dalam soda diet bisa buat orang merasa cemas, depresi dan memicu gangguan bipolar. Aspartam juga terdaftar sebagai bahan kimia yang berbahaya karena berkontribusi terhadap neurotoksisitas (rasa baal dan kesemutan pada anggota tubuh yang dapat digerakan). 
3. Berat Badan Meningkat
Ironisnya, soda diet bisa meningkatkan berat badan seseorang. Dua kaleng sehari atau lebih bisa meningkatkan ukuran pinggang hingga 500%. Temuan itu dilakukan oleh fakultas kedokteran dari The University of Texas Health Science Center San Antonio. 
4. Menyebabkan Diabetes dan Penyakit Jantung
Dengan meningkatnya ukuran pinggang dan lemak perut, semakin besar kemungkinan seseorang terkena diabetes dan penyakit jantung. Kesimpulan tersebut dipublikasikan dalam Journal of General Internal Medicine, tahun 2010. 
5. Buat Ginjal Bekerja Lamban
Harvard Nurse’s Study menemukan bahwa diet soda dapat mengganggu kerja ginjal. Terdapat penurunan sebanyak 30% fungsi ginjal hanya dengan mengonsumsi dua kaleng soda diet setiap harinya. 

6. Aspartam Sering Dikaitkan dengan Kanker
Walau FDA menganggap aspartam aman, tetapi organisasi kesehatan lainnya menunjukkan bahwa bahan kimia itu mempunyai risiko terhadap kanker. Menurut penelitian Cesare Maltoni Cancer Research Center, aspartam dapat meningkatkan kanker dan berkaitan dengan tumor pada tikus dan dipercaya bisa juga terjadi pada manusia.
 

Ketahui Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala



 
Tidur merupakan kebutuhan alami tubuh yang musti di penuhi. Dengan tidur metabolisme tubuh kita akan ditata kembali. Dengan tidur yang berkualitas sel-sel dalam tubuh kita akan melakukan regenerasi untuk mengganti sel-sel tubuh yang mati. Namun demikian banyak dari kita yang belum memperhatikan cara tidur yang baik. Ada sebagian orang yang merasa tidak nyaman, atau bahkan tidak dapat tidur pada kondisi gelap gulita. Padahal tidur dalam kondisi lampu menyala dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Dari berbagai penelitian diketahui bahwa anak-anak yang tidur dengan lampu menyala beresiko mengidap leukemia
Para ilmuwan menemukan bahwa tubuh perlu suasana gelap dalam menghasilkan zat kimia pelawan kanker. Bahkan ketika menyalakan lampu toilet, begadang, bepergian melintas zona waktu, lampu-lampu jalanan dapat menghentikan produksi zat melatonin.
Tubuh memerlukan zat kimia untuk mencegah kerusakan DNA dan ketiadaan zat melatonin tersebut akan menghentikan asam lemak menjadi tumor dan mencegah pertumbuhannya.
Prof. Russle Reiter dari Texas University yang memimpin penelitian tersebut mengatakan “Sekali Anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak Anda segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun”.
Jumlah anak-anak pengidap leukimia naik menjadi dua kali lipat dalam kurun 40 tahun terakhir. Sekitar 500 anak muda dibawah 15 tahun didiagnosa menderita penyakit ini pertahun dan sekitar 100 orang meninggal.
Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia diadakan di London menyatakan bahwa orang menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur dimalam hari dibanding dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur.
Hal ini menekan produksi melatonin dimana normalnya terjadi antara jam 9 malam s/d jam 8 pagi. Penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa orang-orang yang paling mudah terserang adalah para pekerja shift yang memiliki resiko terkena kanker payudara.
Pada kenyataannya, Orang-orang buta tidak rentan terhadap melatonin memiliki resiko yang lebih rendah mengidap kanker. Maka disarankan utk menggunakan bola lampu yang suram berwarna merah atau kuning jika takut pada kegelapan.
 
 

Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil


Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil
Di banyak daerah di negara kita (Indonesia) ibu-ibu hamil disarankan untuk sering-sering minum air kelapa muda karena dipercaya aik untuk kehamilan dan memperlancar proses persalinan. Rupanya apa yang telah dipraktekkan secara turun-temurun ini bukan tidak beralasan, karena banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa air kelapa sangat kaya akan elektrolit, gula, vitamin, serat dan berbagai kandungan lainnya yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil.
Di bawah ini adalah berbagai manfaat air kelapa selama kehamilan :
Air kelapa adalah minuman minuman isotonik alami
Air kelapa selain sebagai air steril juga mengandung berbagai elektrolit yang sangat penting bagi tubuh. Karena alasan tersebut maka air kelapa bermanfaat untuk mengganti kehilangan cairan dan elektrolit tubuh. Air kelapa sangat baik untuk mencegah dehidrasi dan kelelahan.
Air kelapa bebas lemak dan kolesterol.
Air kelapa dipercaya memiliki dampak positif untuk meningkatkan tingkat HDL (lemak baik) dalam tubuh, sehingga dapat menjaga kadar koleterol pada tubuh.
Air kelapa memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Air kelapa kaya akan asam laurat yang memiliki sifat anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur. Air kelapa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu dan janin yang sedang tumbuh, dan mampu mencegah infeksi beberapa bakteri dan virus.
Menyehatkan pencernaan.
Air kelapa efektif dalam membersihkan cacing usus dan saluran pencernaan. Hal ini dapat mengurangi keluhan mulas dan sembelit pada ibu hamil.
Mencegah infeksi saluran kemih (ISK).
Air kelapa mempunyai sifat diuretik alami,sehingga air kelapa dapat membantu meningkatkan aliran dan frekuensi urin. Ibu hamil sangat rentan menderita infeksi saluran kencing (ISK), minum air kelapa akan meningkatkan produksi kencing sehingga akan meningkatkan pembuangan racun dan bakteri. dengan demikian bisa mencegah infeksi saluran kencing.
Dengan begitu banyaknya manfaat air kelapa , maka sebaiknya ibu yang sedang hamil minum air kelapa setiap hari agar mendapatkan semua manfaat air kelapa yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan janin.
sumber : buzzle.com
 

PENYAKIT DIBALIK BUANG AIR KECIL TERUS MENERUS






Kita semua nya pasti pernah merasakan dong buang air kecil secara terus menerus?? Ternyata itu bukan hal yang sepele gan.. Bisa saja agan berpotensi terkena Diabetes Insipidus. Sudah Banyak yang berpotensi terkena Diabetes Insipidus tapi kebanyakan dari mereka terlalu menganggap remeh hal ini. Padahal hal ini dapat sewaktu2 membahayakan jiwa siapa saja dan tidak memandang umur.

Pertama kita harus tau dulu salah satu fungsi ginjal dan hormon yang mengatur nya. Makanan dan minuman yang kita konsumsi akan dicerna oleh saluran pencernaan. Yang berguna bagi tubuh akan diserap masuk ke dalam darah dan digunakan untuk proses metabolisme. Sedangkan yang tidak dapat diserap ataupun sisa-sisanya (ampas), akan dibuang dalam bentuk tinja. Ada berbagai hormon yang ikut mengatur pengeluaran urin. Salah satunya yang penting adalah hormon anti diuretik (ADH = anti diuretic hormon) atau lebih dikenal dengan nama vasopresin. Anti diuretik berarti menahan cairan.



Bila tubuh mendeteksi jumlah cairan di dalam tubuh melebihi normal, maka vasopresin akan dikeluarkan ke dalam darah. Namun sebaliknya, bila terdeteksi jumlah cairan dalam tubuh kurang dari normal, maka vasopresin tidak akan dikeluarkan ke dalam darah. Vasopresin yang ada dalam darah berguna untuk meningkatkan permeabilitas epitel duktus pengumpul ginjal (salah satu komponen ginjal) terhadap air, sehingga jumlah urin yang dihasilkan meningkat.

Sekarang kita telah mengetahui tentang salah satu fungsi ginjal dan homon yang mengaturnya. Hal ini menjadi dasar bagi kita untuk dapat mengerti dengan baik tentang diabetes insipidus.

Apa itu Diabetes Insipidus?Diabetes Insipidus adalah suatu kelainan dimana terdapat kekurangan hormon antidiuretik yang menyebabkan rasa haus yang berlebihan (polidipsi) dan pengeluaran sejumlah besar air kemih yang sangat encer (poliuri).


Ada dua macam diabetes insipidus, yaitu :
1.Diabetes insipidus sentralis, dimana terjadi penurunan pembentukan hormon antidiuretik atau vasopresin.
2.Diabetes insipidus nefrogenik, dimana kadar hormon antidiuretik normal tetapi ginjal tidak memberikan respon yang normal terhadap hormon ini.

Penyebab diabetes insipidus sentralis, antara lain :
1.Tumor-tumor pada hipotalamus
2.Tumor-tumor besar hipofisis dan menghancurkan nukleus-nukleus hipotalamik
3.Trauma kepala
4.Cedera operasi pada hipotalamus
5.Aneurisma atau penyumbatan arteri yang menuju ke otak
6.Penyakit-penyakit granulomatosa


Penyebab diabetes insipidus nefrogenik antara lain:


1.Penyakit ginjal kronik (penyakit ginjal polikistik, medullary cystic disease, pielonefretis, obstruksi/sumbatan ureteral, gagal ginjal lanjut
2.Gangguan elektrolit (hipokalemia, hiperkalsemia)
3.Obat-obatan (litium, demoksiklin, asetoheksamid, tolazamid, glikurid, propoksifen)
4.Penyakit sickle cell
5.Gangguan diet


Apa Gejala dari diabetes insipidus?
Rasa haus dan pengeluaran air kemih yang berlebihan dan terlalu sering. Dan seringkali hal tersebut adalah satu-satunya gejala. Diabetes insipidus dapat timbul secara perlahan maupun secara tiba-tiba pada segala usia.



Sebagai kompensasi hilangnya cairan melalui air kemih, penderita bisa minum sejumlah besar cairan (3,8-38 L/hari). Jika kompensasi ini tidak terpenuhi, maka dengan segera akan terjadi dehidrasi yang menyebabkan tekanan darah rendah dan syok. Penderita terus berkemih dalam jumlah yang sangat banyak, terutama di malam hari.



Bila mengalami gejala-gejala seperti disebut di atas, pergilah ke dokter. Dan dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk menyingkirkan diabetes melitus (kencing manis) dilakukan pemeriksaan gula pada air kemih.



Pemeriksaan yang paling sederhana dan paling dapat dipercaya untuk diabetes insipidus adalah water deprivation test. Selama menjalani pemeriksaan ini penderita tidak boleh minum dan bisa terjadi dehidrasi berat. Oleh karena itu pemeriksaan ini harus dilakukan di rumah sakit atau tempat praktek dokter. Pembentukan air kemih, kadar elektrolit darah (natrium) dan berat badan diukur secara rutin selama beberapa jam. Segera setelah tekanan darah turun atau denyut jantung meningkat atau terjadi penurunan berat badan lebih dari 5%, maka tes ini dihentikan dan diberikan suntikan hormon antidiuretik.


Bagaimana Pemeriksaan Pada Diabetes Insipidus?

Ada beberapa pemeriksaan pada Diabetes Insipidus, antara lain:
Pemeriksaan yang paling sederhana dan paling dapat dipercaya untuk diabetes insipidus adalah water deprivation test.



Selama menjalani pemeriksaan ini penderita tidak boleh minum dan bisa terjadi dehidrasi berat. Oleh karena itu pemeriksaan ini harus dilakukan di rumah sakit atau tempat praktek dokter.
Pembentukan air kemih, kadar elektrolit darah (natrium) dan berat badan diukur secara rutin selama beberapa jam. Segera setelah tekanan darah turun atau denyut jantung meningkat atau terjadi penurunan berat badan lebih dari 5%, maka tes ini dihentikan dan diberikan suntikan hormon antidiuretik.



Diagnosis diabetes insipidus semakin kuat jika sebagai respon terhadap hormon antidiuretik:
- pembuangan air kemih yang berlebihan berhenti
- tekanan darah naik
- denyut jantung kembali normal.
Apapun pemeriksaannya, prinsipnya adalah untuk mengetahui volume, berat jenis, atau konsentrasi urin. Sedangkan untuk mengetahui jenisnya, dapat dengan memberikan vasopresin sintetis, pada Diabetes Insipidus Sentral akan terjadi penurunan jumlah urin, dan pada Diabetes Insipidus Nefrogenik tidak terjadi apa-apa.


Bagaimana mengobati diabetes insipidus?


Diabetes insipidus diobati dengan mengatasi penyebabnya.
Vasopresin atau desmopresin asetat (dimodifikasi dari hormon antidiuretik) bisa diberikan sebagai obat semprot hidung beberapa kali sehari untuk mempertahankan pengeluaran air kemih yang normal. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi obat ini bisa menyebabkan penimbunan cairan, pembengkakan dan gangguan lainnya.



Suntikan hormon antidiuretik diberikan kepada penderita yang akan menjalani pembedahan atau penderita yang tidak sadarkan diri.



Kadang diabetes insipidus bisa dikendalikan oleh obat-obatan yang merangsang pembentukan hormon antidiuretik, seperti klorpropamid, karbamazepin, klofibrat dan berbagai diuretik (tiazid). Akan tetapi obat-obat ini tidak mungkin meringankan gejala secara total pada diabetes insipidus yang berat.




kaskus.us
 

8 Akibat Jika Melakukan Aborsi




img
Tidak sedikit perempuan Indonesia yang mengalami kehamilan tak diinginkan. Bahkan 1 hingga 2 juta perempuan Indonesia melakukan aborsi setiap tahun. Padahal aborsi adalah salah satu tindakan yang bisa menimbulkan banyak dampak buruk bagi kesehatan.

"Aborsi di Indonesia menurut ahli demografi kesehatan masyarakat, lebih dari 1 juta bahkan ada yang mengatakan hingga 2 juta per tahun," ujar Prof. Dr. Muhadjir Darwin, MPA, Ketua Panitia 'The 6th Asia Pacific Conference on Reproductive and Sexual Health and Right 2011', saat konferensi pers di Grha Sabha Pramana, Yogyakarta, Rabu (19/10/2011).

Menurut Prof Muhadjir, sebagian besar dari jumlah tersebut merupakan aborsi yang dilakukan oleh remaja. Dan sebagian besar lagi dilakukan secara tidak aman karena tidak ada pelayanan aborsi legal di Indonesia.

"Di beberapa klinik ada pelayanan aborsi tapi untuk pasangan menikah dengan alasan kegagalan kontrasepsi. Tapi tidak ada untuk remaja," lanjut Prof Muhadjir.

Tidak semua remaja yang mengalami kehamilan tak diinginkan melakukan aborsi. Ada beberapa remaja yang ingin melanjutkan kehamilan dengan berbagai cara.

"Ada remaja yang ingin melanjutkan kehamilan dengan meminta si pria bertanggungjawab. Tapi itu kan tidak mudah dan waktu terus berjalan. Sambil menunggu waktu itu kehamilannya semakin besar dan ternyata ingin digugurkan tapi sudah terlambat dan berisiko," jelas Prof Muhadjir.

Menurut Prof Muhadjir, harus ada jasa pelayanan kesehatan yang dikhususkan untuk remaja, meski status mereka tidak menikah dan ingin melanjutkan kehamilan.

"Banyak remaja yang malu ke dokter karena takut dianggap aib. Harus ada jasa pelayanan khusus, tidak perlu ada klinik khusus remaja tapi secara umum ada jam khusus untuk remaja sehingga tidak malu. Termasuk untuk remaja yang mengalami kehamilan tidak diinginkan," lanjut Prof Muhadjir.

Aborsi bukanlah suatu prosedur medis yang sederhana. Jika dilakukan secara sembarangan dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Bahkan bagi beberapa perempuan hal ini dapat mempengaruhi fisik, emosional dan spiritualnya.

Komplikasi serius yang bisa timbul akibat aborsi adalah:
1. Pendarahan hebat. 
Jika leher rahim robek atau terbuka lebar akan menimbukan pendarahan yang dapat berbahaya bagi keselamatan ibu. Terkadang dibutuhkan pembedahan untuk menghentikan pendarahan tersebut.

2. Infeksi. 
Infeksi dapat disebabkan oleh alat medis tidak steril yang dimasukkan ke dalam rahim atau sisa janin yang tidak dibersihkan dengan benar.

3. Aborsi tidak sempurna. 
Adanya bagian dari janin yang tersisa di dalam rahim sehingga dapat menimbulkan perdarahan atau infeksi.

4. Sepsis (keracunan darah)
Biasanya terjadi jika aborsi menyebabkan infeksi tubuh secara total yang kemungkinan terburuknya menyebabkan kematian.

5. Kerusakan leher rahim. 
Kerusakan ini terjadi akibat leher rahim yang terpotong, robek atau rusak akibat alat-alat aborsi yang digunakan.

6. Kerusakan organ lain. 
Saat alat dimasukkan ke dalam rahim, maka ada kemungkinan alat tersebut menyebabkan kerusakan pada organ terdekat seperti usus atau kandung kemih.

7. Kematian. 
Meskipun komplikasi ini jarang terjadi, tapi kematian bisa terjadi jika aborsi menyebabkan perdarahan yang berlebihan, infeksi, kerusakan organ serta reaksi dari anestesi yang dapat menyebabkan kematian.

8 Gangguan kesehatan mental
Aborsi dapat mempengaruhi emosional dan spiritual pelakunya. Gangguan mental kadang muncul seperti kecemasan, depresi atau mungkin mencoba melakukan bunuh diri.

sumber
 

10 Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan

Add caption




  1. Sinar matahari dapat membunuh mikroba. Itulah sebabnya kita harus menjemur karpet atau kasur yg susah untuk dicuci. Paparan sinar matahari membuat kulit tampak cerah dan meningkatkan elastisitas. Sinar matahari terbukti dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  2. Sinar matahari meningkatkan suasana hati dan mood. Sinar matahari juga membantu dalam kasus depresi kronis dan akut dengan cara merangsang sintesis endorfin. Itulah sebabnya kita merasa takut dalam suasana gelap.
  3. Sinar matahari mengurangi insomnia, paparan sinar matahari meningkatkan produksi hormon melatonin di malam hari, hormon ini membantu kita tidur lelap.
  4. Kulit mensintesa vitamin D dengan bantuan sinar matahari, vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam usus yg membuat tulang menjadi kuat. Sinar matahari mencegah rachitis pada anak2 dan osteoporosis pada lanjut usia
  5. Dengan vitamin D dan beberapa senyawa lainnya yg dapat menghambat pengembangan sel kanker, paparan sinar matahari yg teratur dan terkontrol dapat melawan penyakit kanker usus, payudara, lukemia.
  6. Paparan sinar matahari memperkuat sistem kardiovaskuler, meningkatkan sirkulasi darah, denyut nadi, tekanan arteri dan menormalkan kadar kolesterol
  7. Sinar matahari menigkatkan fungsi hati, yg efektif dalam mengobati penyakit kuning.
  8. Membantu kerja ginjal, saat matahari panas tubuh mengeluarkan air melalui keringat.
  9. Matahari juga membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan tingkat metabolik melalui stimulasi tiroid.
  10. Sinar matahari juga menolong meringankan radang sendi dalam kasus arthritis.
Sumber : www.kaskus.us
 

Hati - hati Mencuci Motor Anda


Apakah anda termasuk orang yang senang memandikan (mencuci) sepeda motor ?? kalau jawabannya Iya anda harus terus membaca postingan ku kali ini. Rata-rata keluhan nya sama yaitu sepeda motor nya jalan nya tersendat-sendat apalagi pas throtle gas di tarik penuh (sewaktu akselerasi atau di jalan tanjakan). Jalan nya bisa macet - macet. pokoknya jalannya jalan tersendat, jalan tersendat, jalan tersendat lagi begitu seterusnya. Dan yang lebih parah lagi sepeda motornya mati. Mending kalau mati nya sebelum jalan kita tinggal nuntun di bawa ke bengkel, tapi kalau matinya pas jalan di jalur yang ramai dan pas menyalip bus / truk ?!? bisa2 wasalam dah. :)
Setelah di cek, ternyata penyebabnya sepele. Ada air yang masuk di tangki nya. Sekarang yang jadi permasalahan nya adalah dari mana dari mana air ini masuk ke dalam tangki ?!? bisa jadi asal nya dari bensin yang tercampur dengan air pas kita beli. Selanjutnya ditanya lagi, Belinya dimana ?? Belinya selalu di pom bensin resmi dan ada tanda “Pasti Pas”. Wah bisa jadi juga berasal dari faktor ini tapi kemungkinan nya kecil karena yang beli disana juga banyak dan tidak ada keluhan seperti itu.
Kalau memang dari faktor luar kecil kemungkinan air bisa masuk, sekarang bertanya dari faktor internal pemiliknya.
”Seberapa sering mencuci sepeda motor nya dan dimana ???”
”Sering dan di cuci di tempat pencucian motor”
”Pasti nyuci nya dengan menyeprot dari selang langsung dan sadel nya dibuka ?”.
“Iya, nyuci nya aja di tempat pencucian motor, pasti sadelnya dibuka”.
Nah ketahuan dah sekarang asal muasal dari air yang ngendon dan bersembunyi di dalam tangki. Air tersebut masuk dari celah tutup tangki dan dari celah pelampung bensin. Jadinya seperti gambar di atas.
Kalau sudah begini resiko nya bukan hanya sepeda motor akan tersendat-sendat jalan nya tapi karat juga akan mengerogoti tangki.Tangki bocor akan jadi keluhan selanjutnya.
Sebaiknya kalau anda mau sedikit berpayah-payah, mencuci sepeda motor sendiri lebih enak karena bisa sekalian olah raga dan bisa untuk pengisi aktivitas harian kita. Namun seandainya sangat sibuk dan tidak mempunyai waktu untuk menyuci sendiri terpaksa dibawa ke tempat pencucian sepeda motor. Tetapi ingatkan kepada tukang cucinya kalau pas mencuci tidak usah di buka sadelnya cukup dilap basah saja. Hal ini untuk mengurangi resiko air masuk ke dalam tangki. Tips ini juga berlaku untuk sepeda motor type sport. Usahakan jangan menyemprot langsung selang air ke arah tutup tangki nya. Dalam kasus type sport kejadian nya malah lebih sering. Makanya berhati-hatilah kalau menyuci sepeda motor anda jangan sampai ada air yang bisa masuk kedalam tangki.
Semoga bermanfaat.

sumber
 

Menyetel Karburator Tiger Revo

Banyak pemakai motor suka mengotak-atik stelan langsam motornya, dengan alasan langsamnya kegedean, akhirnya di kecilin sampai sekecil mungkin. Eit… hati-hati… cara begitu tidak dianjurkan oleh pihak pabrikan, Tanya Kenapa?
Karena mesin butuh pelumasan yang bagus, nah… pelumasan ini bekerja dengan baik berdasarkan tekanan dari putaran pompa oli dari mesin bagian bawah ke mesin bagian atas, kalo pada saat langsam RPM mesin dibawah ketentuan pabrikan, maka akan berdampak tidak baik pada motor ente! karena system pelumasan kurang sempurna ujung-ujungnya usia mesin jadi ngga seperti seharusnya…. Begitu bro…
Nah disini saya akan bahas sedikit mengenai cara menyetel langsam motor yang bener.
Pertama, kita harus tahu berapa ukuran RPM standart tipe motor yang akan di stel, misalnya tipe Tiger Revolution.
Besarnya putaran mesin langsam tipe motor ini adalah 1300 – 1500RPM
Nih caranya:
1. Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah atau kira-kira 2000-2500RPM
2. Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil
Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini adalah kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar kekanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).
3. Kemudian kecilkan RPM dengan memutar baut penyetel langsam kekiri hingga ditemukan 1200 – 1300RPM, dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometer. seperti pada gbr dibawah ini…
Kendala yang dihadapi saat menyetel langsam :
-.Mesin tersendat-sendat (tidak bisa stabil)
-.Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
-.Ukuran Main jet dan slow jet tidak berubah ( sesuai dengan standar ) apabila tidak sesuai, maka bisa susah langsam, karena campuran BB tidak tepat
-.Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake manifold
-.Putaran mesin turun terlalu lama (nge-gerung)
-.Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara
-.Periksa kedudukan jarum skep & skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balik
-.Periksa per skep mungkin sudah lemah
-.Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
-.Periksa, kemungkinan BB bercampur dengan `ir
-.Knalpot nembak-nembak setelah gas ditarik
-.Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
-.Periksa tidak ada kerusakan pada seal(karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas skrup stelan -.angin dari karburator.
-.Periksa dan pastikan bahwa skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah)
gmbr di atas mrpkn letak sekrup udara dan pengatur putaran mesin..
letak normalnya sih ada di situ..
 
 
Support : Creating Website | Pondok Reot Template | Pondok REot Template
Copyright © 2011. pondok reot - Hak cipta dilindungi undang-undang
Template Created by Creating Website Published by Pondok Reot Template
Proudly powered by Blogger