News Update :
Home » » Cara Mencari Kunci Gitar Lagu / melody guitar

Cara Mencari Kunci Gitar Lagu / melody guitar


Mencari kunci gitar adalah perbuatan yang sangat susah bagi sebagian orang, bahkan ada salah seorang gitaris yang tidak bisa mencari kunci dari lagu yang relatif sederhana, gitaris? yang bener aje hehee . Dalam tata cara ngulik lagu baik itu mencari kunci maupun melodi, ada kiat-kiat yang harus anda pelajari dan kuasai agar anda tidak selamanya terjebak dengan melihat kunci gitar di internet, buku lagu atau bertanya kepada teman. Kiat-kiat di sini meliputi poin-poin penting yang harus anda lakukan agar anda dengan mudah dapat membaca kunci dan melodi sebuah lagu hanya dengan sekali dua kali  mendengarkan lagu tersebut.

Anda tentunya akan sangat merasa bangga bila bisa mencari kunci lagu sendiri ketimbang dari hasil melihat buku lagu maupun bertanya kepada teman yang tidak sedikit akan di ejek dengan kata "jiah bego terus loe". Tentunya anda tidak akan senang bukan?, nah maka dari itu saya dengan senang hati akan berbagi tips agar anda bisa menjadi orang yang tidak selalu bergantung kepada orang lain maupun dari media.

Oke, ini dia beberapa tips singkat namun padat dari saya sebagai referensi anda dalam mempelajari cara mencari kunci gitar tanpa harus susah payah untuk mencarinya. Berikut saya lampirkan beberapa tipsnya.

  1. Dengarkan sesering mungkin lagu yang ingin anda ketahui kunci gitarnya.
    Dengan mendengarkan secara sering tentunya otak kita juga dengan otomatis menyimpan alunan nada lagu tersebut walaupun mungkin itu masih di awang-awang. Hal ini lebih baik dari pada secara langsung memaksakan mencari kunci lagu yang belum akrab di telinga anda. Dan untuk kesananya mungkin anda tidak akan memerlukan waktu yang lama agar telinga anda peka dengan kunci yang terkandung dalam sebuah alunan lagu.
  2. Siap bergitar ria.
    Mulai ambil alat musik anda dan cobalah meraba-raba nada yang anda sudah simpan di otak anda dengan sangat pelan namun jeli.
  3. Carilah nada dasar lagu tersebut.
    Dengan mengetahui nada dasar sebuah lagu, tentu itu sudah sangat jelas alur kunci dalam lagu tersebut bila anda sudah akrab dengan beberapa scale gitar.
  4. Meraba mayor atau minor sebuah nada.
    Dari pada anda bingung menebak-nebak kemana alur sebuah lagu mengalir, anda akan lebih mudah dan lebih jelas bila anda sudah mengetahui jenis mayor/minornya sebuah nada dalam lagu. Pengetahuan tentang mayor/minor nada sangatlah penting karena akan sangat mempengaruhi mood yang terkandung dalam sebuah alunan lagu. Contoh, bila ada lagu yang berawal dengan nada minor (kita anggap itu Am) kemudian kita ganti dengan nada dasar mayor (C) otomatis mood lagu akan berubah dari sedih ke riang/gembira. Hal ini tentu akan membuat anda salah dalam mengulik kunci lagu karena kunci yang di gunakan tidak sama walaupun itu masuk (nadanya).
  5. Anda sudah siap mengiringi lagu.
    Kini saatnya anda untuk mengambil kembali gitar anda dan seharusnya anda juga sudah mendapatkan kunci lagunya. Bila anda belum juga menemukan kunci gitar dari lagu tersebut, ulangi langkah-langkah dari poin satu sampai lima sekali lagi. Dan bila anda sudah dua kali baca artikel ini tapi belum bisa ngulik lagu  sendiri, anda perlu baca tips dari sumber lain yang mungkin cocok buat anda.
Semua orang punya caranya sendiri untuk memperoleh hasil belajar yang memuaskan, jadi bila anda tidak mempan dengan cara ini jangan kawatir karena masih banyak cara alternatif lainn yang artikelnya tersebar luas di internet dengan gratis. Segala sesuatu pasti akan bisa di gapai bila di landasi niat dan kemauan tiada henti. Sama seperti obat yang cocok buat segian orang belum tentu mujarab bagi orang satunya lagi, begitu juga tips dan metode belajar.

Saya hanya berharap anda merasa lebih baik dan lebih punya motivasi buat belajar gitar setelah anda baca artikel saya ini, dan saya mohon maaf bila artikel saya ini belum bisa membuat anda lebih baik dari sebelumnya. Pesan saya, cari referensi sebanyak mungkin dan lakukan sesering mungkin karena niat tanpa melakukan sama saja perbuatan yang hanya menyita waktu juga menyianyiakan kesempatan anda.nah kiranya hanya segitu saja yang bisa kami jelaskan semoga bisa bermanfaat buat anda semua .
Share this article :
 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Disclaimer | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2008 hak cipta dilindungi pemerintah. pondok reot . All Rights Reserved.
Design Template by Pondok reot | Support by creating website | Powered by Blogger