3 Aturan Baru Melawan Diabetes

Pasien diabetes melitus memang perlu ekstra menjaga gaya hidupnya tetap sehat untuk mencegah komplikasi penyakit. Riset-riset terbaru menyebutkan, membuat penyesuaian sedikit dari saran kesehatan yang sebelumnya akan memberi hasil yang lebih optimal.

1. Makan buah dan sayur



Aturan lama : Konsumsi buah dan sayuran untuk menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Aturan baru: Konsumsi berbagai jenis buah dan sayuran. Dalam studi terbaru diketahui, orang yang mengasup sedikitnya 12 jenis sayur dan buah setiap minggunya memiliki risiko terkena diabetes lebih rendah dibanding orang yang makan sayuran atau buah itu-itu saja.

2. Jaga berat badan

Aturan lama: Kurangi berat badan, meski sedikit, untuk mengendalikan kadar gula darah.

Aturan baru: Jangan takut jika berat badan lebih lama turunnya. Penelitian tahun 2012 menyebutkan, olahraga rutin saja bisa meningkatkan kualitas kesehatan orang yang bergaya hidup sedentari. Olahraga, meski tak membuat berat badan turun, membantu metabolisme gula darah lebih baik dan menurunkan kolesterol.

3. Istirahat

Aturan lama: Tidurlah dengan cukup untuk mengurangi risiko diabetes.

Aturan baru: Buatlah tidur Anda berkualitas karena pengaruhnya sama penting dengan durasi tidur. Riset menunjukkan, kualitas tidur yang buruk membuat kemampuan tubuh dalam memetabolisme gula darah terganggu. Selain itu, kurang tidur juga membuat hormon yang mengatur nafsu makan terganggu sehingga kita makan lebih sering.


Sumber : Kompas.com
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Pondok Reot Template | Pondok REot Template
Copyright © 2011. pondok reot - Hak cipta dilindungi undang-undang
Template Created by Creating Website Published by Pondok Reot Template
Proudly powered by Blogger