Orang Indonesia yang Masuk Guinness Book of Record

1. Dominic Brian
bocah  12 tahun asal Kuta, Bali mencatatkan namanya dalam buku rekor  dunia  Guinness World Records setelah berhasil menunjukkan kemampuannya   mengingat 76 deret angka hanya dalam 60 menit.

Anak dari Gidion   Hindartho itu masuk dalam buku catatan rekor dunia yang diterbitkan   perusahaan bir hitam Guinness, setelah menunjukkan kemampuannya pada   acara pemecahan recor yang dilaksanakan di taman satwa Bali Zoo Park di   Gianyar, Bali, 15 Agustus 2009.

Perwakilan Guinness World  Records  Asia, Alex Iskandar Liew, memuji kemampuan yang ditunjukkan  Brian.  Selain itu, ia juga menilai hal itu sebagai rekor unik,  mengingat umur  yang bersangkutan masih tergolong anak-anak menuju  remaja.

Meski  begitu, rekor dunia yang dipecahkan Dominic Brian  diperkirakan akan  banyak mengundang munculnya penantang baru yang akan  berusaha  mengungguli rekor tersebut. “Keunikannya karena pemecah rekor  itu masih  sangat muda, 12 tahun. Usaha untuk mampu mengingat seratus  angka  bukanlah hal yang gampang,” ujar Alex Iskandar Liew

Menurutnya,   kemampuan Brian sangat luar biasa, sebab dalam waktu yang sangat  singkat  mampu mengingat sampai 76 deret angka. Kemampuan seperti itu  jarang  dimiliki oleh anak-anak seusianya, dan jika ada yang ingin  menyamai atau  bahkan mengungguli, memerlukan waktu belajar yang cukup  lama.

Gidion  Hindartho mengatakan bahwa meski anaknya mampu  mencatatkan rekor dunia,  namun dirinya tidak terlalu memberikan target  pada Brian, kecuali hanya  akan mengarahkan untuk mencapai cita-citanya.  Dia mengaku selama ini  hanya melatih daya ingat Brian melalui suatu  metode latihan kemampuan  daya ingat, yang sebenarnya dapat dilakukan  oleh semua orang.

“Ini  merupakan pelatihan memori kekuatan otak  atau biasa disebut `power  brain`. Semua orang sebenarnya bisa  memaksimalkan daya ingat seperti  yang dilakukan Brain. Anak-anak usia  kelas tiga atau kelas empat sekolah  dasar sebenarnya dapat dengan mudah  mengingat seratus angka jika  dilatih dengan metode yang tepat,”  ujarnya.

Gidion menyatakan  bangga karena Brian berkesempatan  mengharumkan nama Indonesia khususnya  Bali ke dunia internasional. Hal  ini diharapkan semakin mengangkat citra  Pulau Dewata di mata dunia  internasional.

Sementara itu, Dominic  Brian mengaku hanya perlu  waktu dua bulan untuk berlatih mengingat  deret angka dalam waktu cepat,  walaupun dalam satu hari hanya berlatih  tiga kali. Dia menyatakan akan  terus berlatih mengingat deret angka,  guna dapat terus mencoba  memperbaiki rekor yang dibuatnya, selain  bersiap menghadapi para  penantang yang diperkirakan segera bermunculan.

“Saya  akan terus  berusaha memperbaiki rekor ini, dengan target mengingat 104  deret  angka. Saat latihan paling tinggi pernah mencapai angkat tersebut.   Awalnya memang susah, tetapi kalau dilakukan secara tekun akan menjadi   terbiasa,” katanya.

Brian juga berhasil memecahkan rekor pada   Museum Rekor Indonesia (Muri), yaitu mengingat 52 kartu selama 100 detik   dan mengingat 100 angka dalam waktu 12 menit pada 16 Agustus 2009.
 
 
2. Kunto Hartono
Nama di Guinness Book of World Records 1/1/2004
Lunas  sudah upaya  Kunto Hartono mengukir namanya dalam Guinness Book of  World Records,  setelah Kamis (1/1) siang berhasil menabuh drum 72 jam  secara non stop.  Bukan itu saja, atas prestasi itu, ia juga mendapat  penghargaan dari  MURI (Museum Rekor Indonesia) dan beasiswa kuliah di  Universitas  Trisakti, Jakarta sampai meraih gelar sarjana.

Kunto  yang lahir  di Banyuwangi ini memulai perjuangannya di Gelanggang  Remaja Soemantri  Brodjonegoro, Jakarta Selatan, Senin (29/12) pukul  09.15 WIB dan  berakhir Kamis (1/1) pukul 11.15 WIB. Rekor 72 jam yang  di pegang Kunto  otomatis telah memecahkan rekor dunia 60 jam yang telah  ditoreh oleh  Alvaro Lopez dari Amerika Latin, Mei 2003 silam.

Dan  Kunto yang  seari-harinya berprofesi sebagai tukang vermak jeans ini  telah menjadi  orang kedua dari Indonesia yang namanya masuk di Guinness  Book of World  Records, setelah pebulutangkis Rudy Hartono menjuarai  All England  delapan kali berturut-turut.
Pada acara yang bertajuk LA  Light  Spectacular Drumming Marathon World Record ini, Kunto berhasil   mengiringi beberapa band diantaranya: The Fly, Shaggydog, Sheila on 7,   Jikustik, The Groove, serta Wayang. Dan pada menit-menit terakhir   menjelang 72 jam, Menteri Negara Kebudayaan dan Pariwisata I Gde Ardhika   dan Rektor Universitas Trisakti Thoby Mutis hadir untuk memberi   semangat dan dukungan kepada Kunto
 
 
3. Para Penyelam
Para  penyelam duduk di dasar laut pada pemecahan rekor dunia penyelaman   massal di Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara, kemarin. Sebanyak   2.861 penyelam ikut dalam acara ini dan memecahkan rekor sebelumnya di   Maladewa pada 2006 yang melibatkan 979 penyelam.

Sebanyak 2.861   penyelam dilibatkan dalam pemecahan rekor dunia selam di Pantai   Malalayang, Manado, Sulawesi Utara (Sulut), kemarin, dengan catatan   waktu 31 menit.

Rekor yang masuk dalam Guinness Book of Records   itu menjadi kado HUT Ke-64 Kemerdekaan RI. "Menyambut HUT RI dengan   rekor dunia merupakan sebuah momentum penting yang tidak bisa dilupakan   seluruh masyarakat, apalagi dunia saat ini menatap bangsa Indonesia,"   kata Kepala Biro Humas Pemprov Sulut, Roy Tumiwa,di Manado kemarin.   Pemecahan rekor dunia yang disaksikan langsung oleh wakil Guinness Book   of Records dari London, Inggris, itu telah menjual potensi alam dan   sumber hayati luar biasa yang dimiliki bangsa Indonesia.Ikut menyaksikan   pula Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi.

Wakil  Kepala  Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Moekhlas  Sidiq  memimpin langsung pemecahan rekor tersebut. Pemecahan rekor dunia  ini  dilakukan tepat pukul 10.00 Wita,diikuti 2.861 orang,termasuk 51   partisipan dari mancanegara dan 35 orang VIP. Setelah 31 menit menyelam,   secara bergelombang semua peserta menyudahi penyelaman. "Kita sudah   memecahkan rekor hari ini dan ini sungguh suatu hal yang membanggakan   karena sebagai bukti kita negara bahari yang kuat,"kata Freddy Numberi.

Dia   juga mengatakan, capaian tersebut sangat luar biasa karena rekor dunia   selam terakhir di Maladewa dipecahkan oleh 979 penyelam. Rekor yang   diciptakan di Indonesia, katanya, belum tentu bisa dipecahkan dalam 10   tahun ke depan.Dia berterima kasih kepada semua pihak yang sudah   membantu terselenggaranya pemecahan rekor di Manado.

Sementara   Lucia Sinogagliesi dari Guinness Book of Records mengatakan, rekor yang   ditorehkan di Pantai Malalayang,Manado, itu sah dan menjadi suatu hal   yang luar biasa. "Saya juga sangat senang karena indah sekali di Manado.   Begitu banyak orang ikut serta hingga memecahkan rekor dunia," Kata   Sinogagliesi saat menyampaikan sambutan.
 
 
4. Rudi Hartoono
 
Dasarnya  adalah prestasi Rudy yang menjuarai All England sebanyak  delapan kali (  7 kali berturut-turut pada (1968, 1969, 1970, 1971, 1972,  1973 , 1974  serta 1976 ) dimana hal ini tercatat dalam Guinnes Book of  Record pada  tahun 1982 ( bisa dibilang Rudy Hartono juga orang Indonesia  PERTAMAXXX  yg namanya tercatat di Guinness!). Rudy mulai dikenal dunia  ketika  menjuarai All England tahun 1968 dan menutup prestasi besarnya  dengan  menjadi Juara Dunia tahun 1980. Berarti Rudy menempatkan dirinya   dijajaran atas bulutangkis dunia selama 12 tahun.
 
 
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Pondok Reot Template | Pondok REot Template
Copyright © 2011. pondok reot - Hak cipta dilindungi undang-undang
Template Created by Creating Website Published by Pondok Reot Template
Proudly powered by Blogger