News Update :
Home » » Misteri Di Balik Pembangunan Jembatan Suramadu

Misteri Di Balik Pembangunan Jembatan Suramadu



Cerita ini ane dapetin dari tetangga ane yg berasal dr surabaya, dan dia adalah salah seorang teknisi listrik untuk jembatan Suramadu.
Ceritanya, pada waktu pembangunan jembatan Suramadu, sebagian pekerja adalah dari orang dari negeri ginseng (Korea). Yah..agan tau sendiri orang sana kalo kerja lebih serius dan punya stamina yg lebih daripada orang kita. Mungkin karena minum ginseng itu tadi.
Hampir semua proyek pembangunan berskala besar memakai jasa orang Korea, seperti pembangunan PLTU Pacitan yg kini sedang dibangun juga.
Kembali ke Suramadu.
Nah, yg mungkin orang-orang gak tau, orang Korea yg dipekerjakan di Suramadu sebenarnya adalah para narapidana yg hukumannya di atas 15 tahun dan sudah menjalani hukuman sekitar 10 tahun. Mereka dijanjikan bebas oleh pemerintah mereka setelah pembangunan jembatan selesai. Tentu saja mereka bersedia dan seneng dengan tawaran tersebut.
Mungkin agan tanya, selama sekian waktu pembangunan jembatan, dimana mereka tinggal? Ternyata mereka diberi tempat tingal di ruangan yg ada di dalam tiang pancang utama JembatanJadi sebelum dibeton, rangka tiang pancang itulah yg jadi tempat tinggal para pekerja kasar asal Korea. Jumlah mereka sekitar 20an orang.
Nah, yang mengerikan pada waktu tahap akhir pengecoran tiang pancang yg menggunakan concrete pump, para pekerja Korea yg sedang tidur siang disiram berton-ton material beton sehingga terkubur hidup-hidup di tiang pancang Jembatan Suramadu. Mereka dijadiin tumbal jembatan Suramadu
Cerita ini gak pernah tersebar soalnya ada pihak-pihak yg dengan rapat menutupi cerita ini agar gak terdengar masyarakat. Tapi kalo agan tanya ke mereka yg pernah terlibat dalam pembangunan suramadu, pasti mendapat cerita yg sama.

Keanehan selanjutnya,
pada waktu instalasi listrik, kan ada pipa pvc berdiameter sekitar 10 CM yg terbentang sepanjang jembatan sebagai tempat kabel. Nah, pada waktu kabel listrik dimasukkan ke pipa, setelah setengah jalan tiba-tiba kabel tersebut seperti membentur sesuatu dan ga bisa di dorong lebih jauh lagi. Para pekerja coba mengetes lagi dengan menembakkan senapan ukur ke dalam pipa tetapi hasilnya sama! seperti membentur "sesuatu", padahal pipa PVC yg di pasang sebelumnya dipastikan tidak ada sambungan dan tidak tersumbat. Sehingga diputuskan kabel listrik di tanam di badan jembatan (jalur motor).

Itu tadi misteri seputar pembangunan jembatan Suramadu menurut tetanga ane. Benar gak-nya Wallahu'alam.
Share this article :
 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Disclaimer | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2008 hak cipta dilindungi pemerintah. pondok reot . All Rights Reserved.
Design Template by Pondok reot | Support by creating website | Powered by Blogger