Takaran Makanan yang Pas untuk Bayi Sesuai Usianya


Berapa sih takaran makan yang pas untuk si kecil ? perut bayi tentu saja berbeda dengan perut kita. Namun jika kita terlalu minim memberinya asupan makanan, selain rewel tentu saja lama kelamaan tak mustahil bayi bisa terserang mag. Dan jika berlebih, bayi bisa obesitas.

Jadi Mom, takaran untuk makan si kecil harus pas tak boleh lebih atau kurang. Menjadi seorang ibu tidaklah mudah. Lalu berapa Mom takaran pas untuk bayi itu ? berikut daftarnya, seperti dilansir Boldsky.

1. Umur 0-4 bulan

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa ASI sangat dibutuhkan bayi baru lahir. ASI atau kolostrum mengandung antibodi seperti IgA, IgG dan IgM yang menjaga sistem kekebalan tubuh bayi. Kolostrum juga membantu bayi menghindari lonjakan bilirubin, pigmen yang menyebabkan penyakit kuning. Jadi, pastikan Anda memberikan ASI pada bayi yang baru lahir.


2. Umur 4-6 bulan

Selama periode ini, bayi mulai menunjukkan beberapa tindakan seperti menutup mulut ketika disuapi dan kembali lapar setelah disusui 8-10 kali sehari. Kini, Anda bisa memberinya 1 sdm bubur yang terbuat dari buah atau sayur.

3. Umur 6-8 bulan

Bayi berusia 6-8 bulan bisa diberi makan 3-9 sdm bubur dalam 2-3 kali makan. Sisipkan pula sayuran rebus untuk menu sehat mereka. Beberapa bayi menderita intoleransi terhadap makanan tertentu, maka perhatikan apakah bayi Anda menderita alergi atau tidak.

4. Umur 8-10 bulan

Pada usia ini, Anda mulai dapat memberikan sejumlah kecil sereal yang diperkaya gandum. Tambahkan 1/8 sampai 1/4 cangkir makanan berprotein seperti bubur telur, daging, ikan, dan kacang-kacangan. Pastikan Anda telah menghaluskan sampai benar-benar lembut.

5. Umur 10-12 bulan

Jika sudah mencapai usia ini, bayi boleh mengonsumsi sejumlah kecil makanan sehat yang diperkaya zat besi. Selain itu, protein dan sayuran menjadi suatu keharusan selama periode tersebut.

Bayi membutuhkan makanan sehat selama masa pertumbuhan. Jadi, pastikan Anda memberikan takaran tepat untuk makanan bayi Anda.
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Pondok Reot Template | Pondok REot Template
Copyright © 2011. pondok reot - Hak cipta dilindungi undang-undang
Template Created by Creating Website Published by Pondok Reot Template
Proudly powered by Blogger