9 Jenis Telur Ayam yang Aman untuk di Konsumsi

Telur adalah sumber protein selain daging. Selama ini jika mengonsumsi telur, yang muncul di benak kita adalah telur ayam. Padahal ada banyak jenis telur lainnya yang bisa dikonsumsi.
Misalnya saja telur bebek. Telur ini juga sering menjadi santapan karena kandungan nutrisinya yang cukup tinggi. Tidak kalah dengan telur ayam. Berikut beberapa jenis telur lainnya yang bisa Anda konsumsi, seperti dilansir boldsky dan Merdeka:
1. Telur ayam kampung
Telur ayam kampung adalah salah satu jenis telur yang sering kita jumpai. Telur ini mempunyai ukuran lebih kecil dibanding telur ayam negeri. Warnanya juga putih. Meski ukurannya mungil, telur ayam kampung berkhasiat untuk meningkatkan stamina, memperkuat urat saraf dan masih banyak lagi. Selain itu telur ini juga sering dipakai sebagai media pengobatan alami.
2. Telur ayam negeri
Telur ini yang sering kita konsumsi sehari-hari dan mudah untuk mendapatkannya. Telur tersebut berwarna kecokelatan. Manfaatnya antara lain sumber energi dan protein. Selain itu putih telurnya bisa dipakai untuk perawatan kecantikan.
3. Kaviar
Kaviar sering digunakan untuk jamuan para bangsawan. Telur ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan berwarna hitam. Kaviar adalah telur ikan umumnya dari ikan sturgeon, yang digarami dan diawetkan. Makanan tersebut kaya akan antioksidan dan mengandung kekayaan mineral laut. Kaviar merupakan sajian makanan mewah yang menjadi pelengkap makanan lain.
4. Telur puyuh
Telur puyuh bentuk dan ukurannya lebih kecil dari telur ayam. Telur ini memiliki corak warna hitam di setiap sisinya. Telur puyuh sangat bergizi karena mereka kaya akan vitamin D dan B12. Walau ukurannya kecil, Anda harus berhati-hari mengonsumsi telur puyuh karena mengandung kolesterol yang tinggi.
5. Telur bebek
Telur bebek berwarna putih kehijauan. Bentuknya seperti telur ayam tetapi mereka sedikit lebih besar. Telur bebek kaya dengan kelompok vitamin B kompleks. Untuk pria, telur ini bisa meningkatkan gairah seks, karena mengandung lemak dan protein baik.
6. Telur kalkun
Telur kalkun  jelas jauh lebih besar dari telur ayam. Mereka memiliki kualitas yang sangat baik untuk dimasak. Telur ini sebagian besar populer di negara yang mempunyai populasi kalkun dan mereka kaya akan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.
7. Telur bantam/kate
Telur bantam sekilas terlihat seperti telur ayam tetapi ukurannya jauh lebih kecil. Bantam sebenarnya adalah salah satu jenis ayam. Di Indonesia lebih populer dengan sebutan ayam kate. Namun, telur bantam kaya akan zat besi dan makanan sehingga bagus untuk wanita.
8. Telur angsa
Telur angsa adalah telur terbesar di antara telur burung yang biasa dimakan. Mereka mempunyai rasa yang sangat mirip dengan telur ayam, tetapi memiliki lebih banyak protein. Satu butir telur angsa beratnya kurang lebih sekitar empat butir telur ayam negeri.
9. Telur hilsa
Telur hilsa adalah hidangan lezat di India, terutama di bagian Timur negara itu. Hilsa adalah ikan laut namun meletakkan telur-telurnya di sungai. Telur hilsa sangat kaya akan Omega-3 asam lemak dan juga bergizi untuk ibu hamil.


sumber
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Pondok Reot Template | Pondok REot Template
Copyright © 2011. pondok reot - Hak cipta dilindungi undang-undang
Template Created by Creating Website Published by Pondok Reot Template
Proudly powered by Blogger