Serba-Serbi Seputar Perayaan Natal



Pohon Natal pertama populer di Jerman
Bahkan sebelum kedatangan agama Kristen, orang Jerman biasa menghiasi pohon cemara untuk mencerahkan hari-hari gelap yang suram selama musim dingin yang panjang. Di AS, pohon Natal pertama muncul di Strasbourg pada abad ke-17 dan menyebar ke Pennsylvania tahun 1820-an, berbarengan dengan kedatangan imigran Jerman. Ketika Ratu Victoria menikahi Pangeran Albert dari Jerman pada tahun 1840, ia membawa tradisi itu ke Inggris. Delapan tahun kemudian, surat kabar Amerika pertama memuat gambar pohon Natal kerajaan, dan Amerika di luar Pennsylvania dengan cepat mengikutinya.

Sinterklas baru populer tahun 1819
Penulis Horseman Headless, Washington Irving, lah yang menciptakan citra ikonik dari Santa terbang bersama kawanan rusa. Pada tahun 1819 seri cerita pendek The Sketch Book of Geoffrey Crayon menggambarkan sebuah mimpi di mana St Nicholas melambung di langit dalam gerobak ringan. Cerita-cerita itu menjadi begitu populer, menghasilkan kebangkitan Natal ala Amerika, dan bahkan Charles Dickens dikatakan terinspirasi karya Irving untuk melahirkan dongeng klasiknya, A Christmas Carol.

Lagu Natal awali gencatan senjata
Lima bulan ke dalam Perang Dunia I, pasukan di garis depan beristirahat untuk merayakan Natal dan mulai menyanyikan lagu-lagu satu sama lain di medan perang. Keesokan harinya, tentara Jerman muncul dari parit dan mulai mendekati pasukan Sekutu sambil menyanyikan "Merry Christmas" dalam bahasa Inggris. Untungnya, itu bukan trik, puluhan pejuang Inggris keluar untuk menyambut mereka dan berjabat tangan, beberapa rokok bahkan dipertukarkan sebagai hadiah. Kejadian ini kemudian dijuluki sebagai Gencatan Senjata Natal tahun 1914.

Semula Perayaan Natal dianggap tak penting di AS
Dari 1659-1681, menampilkan semangat Natal di Boston bisa didenda sebanyak lima shilling. Merayakan Natal dianggap ilegal. Natal begitu tidak penting di Amerika setelah Perang Revolusi. Kongres tidak perlu repot-repot mengambil hari libur untuk merayakan Natal, memutuskan sebaliknya untuk mengadakan sidang pertama pada Hari Natal, 1789. Butuh waktu hampir satu abad bagi Kongres untuk menyatakan Natal sebagai hari libur federal.

Kata Natal Berasal Dari Portugis
Jika Natal di Bahasa Inggris itu Christmas, dari mana kata Natal itu muncul? Ternyata kata 'Natal' berasal dari Portugis. Mungkin karena kelamaan dijajah Portugis, jadi sebagian bahasa Portugis diserap jadi bahasa Indonesia.

Pohon Natal tertinggi
Menurut Guinness world records, pohon Natal tertinggi yang pernah dipotong adalah oleh Douglas, yaitu pohon cemara setinggi 221 kaki yang ditampilkan pada tahun 1950 di Pusat Perbelanjaan Northgate di Seattle, Washington.


Sumber: dari berbagai sumber.

Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Pondok Reot Template | Pondok REot Template
Copyright © 2011. pondok reot - Hak cipta dilindungi undang-undang
Template Created by Creating Website Published by Pondok Reot Template
Proudly powered by Blogger