9 Ciri - Ciri Negatif Orang Indonesia

Dari hasil penelitiannya, diperoleh 10 ciri manusia Indonesia yaitu Ramah, Malas, Tidak Disiplin, Korup, Emosional, Individualis, Suka Meniru, Rendah Diri, Boros, Percaya Takhayul. 9 diantaranya adalah ciri Negatif:
1.MALAS

Malas: orang Indonesia merupakan masyarakat yang relatif malas. Orang Indonesia tidak suka mengeluarkan seluruh kemampuannya dalam bekerja. Hal ini dapat terlihat dari daya saing dan produktivitas bangsa Indonesia yang semakin rendah baik di pemerintahan, industri, ekonomi, maupun sosial budaya.
2.TIDAK DISIPLIN

Tidak disiplin: apapun yang sudah dijadwalkan tidak sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, tidak disiplin atau belum punya kesadaran diri menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta terlambat adalah hal yang biasa dan “peraturan ada untuk dilanggar”.
3.KORUP

Korupsi telah mengakar dan sudah sangat sulit untuk dihilangkan mulai dari institusi yang rendah sampai yang paling tinggi. Hal ini tercermin dari image Indonesia sebagai salah satu negara dengan tingkat korupsi yang tinggi di dunia.
4.EMOSIONAL

Emosional: cenderung cepat sekali tersulut emosinya, sering salah paham dan kurang mengerti suatu permasalahan tapi mudah marah dan main hakim sendiri. Hal inilah yang memicu munculnya konflik-konflik di daerah disebabkan adanya karakter tempramental.
5.INDIVIDUALISTIS

Individualis: dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya yang hidup di perkotaan bersifat individualis. Hal ini dapat dilihat dari kesenjangan antara yang kaya dan miskin. Individualis juga dapat tercermin dari sikap masa bodoh, kurang peduli terhadap sesama, dan lingkungan hidup.
6.SUKA MENIRU/COPYCAT

Suka meniru: Indonesia terkenal sebagai pembajak dan selalu meniru persis, atau serupa dengan aslinya, tidak kreatif untuk membuat sesuatu yang baru, lebih senang untuk meniru dari negara-negara lain dari pada berkreasi untuk menemukan hal-hal baru seperti meniru budaya Negara Korea Selatan.
7.RENDAH DIRI

Rendah diri: orang Indonesia sebenarnya mempunyai potensi yang besar terhadap ilmu pengetahuan, tetapi terkadang tidak percaya diri untuk mengungkapkan. Terkadang atau malah seringkali takut untuk mengungkapkan pendapatnya.
8.BOROS

Boros: orang Indonesia sering menghambur-hamburkan uang, membeli barang tanpa melihat tingkat kebutuhannya, “shopacholic”, sehingga sangat mirip dengan peribahasa ”besar pasak dari pada tiang”, sulit sekali hidup sederhana, sangat konsumerisme.
8.PERCAYA TAHAYUL/SUKA YANG BERBAU MISTIS

Percaya Takhayul: sebahagian besar mempercayai ha-hal yang bersifat takhayul. Karena bercampurnya kebudayaan dan agama, juga masih percaya hal-hal yang klenik, masih memelihara kepercayaan terhadap mitos.
 
 
 
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Pondok Reot Template | Pondok REot Template
Copyright © 2011. pondok reot - Hak cipta dilindungi undang-undang
Template Created by Creating Website Published by Pondok Reot Template
Proudly powered by Blogger