Stasiun kereta api
adalah tempat di mana para penumpang dapat naik-turun dalam memakai
sarana transportasi kereta api. Sejak jaman penjajahan di indonesia
sudah ada beberapa stasiun kereta yang di bangun jepang maupun belanda.
Berikut ini ada 10 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia stasiun apa aja itu di mana letaknya simak tulisan berikut ini.10. Stasiun Ijo (1880)
Stasiun Ijo (IJ) adalah stasiun kereta api yang terletak di sebelah
barat Stasiun Gombong. Secara administratif, stasiun ini berada di Desa
Bumiagung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen. Selain sebagai stasiun
persilangan, fungsi lainnya adalah sebagai pengontrol terowongan jalur
rel (disebut Terowongan Ijo) yang berada di sisi timur stasiun ini.
Pengelolaan stasiun yang terletak pada ketinggian +25 m dpl ini berada
di bawah Daerah Operasi 5 Purwokerto. Stasiun yang dibangun pada
pertengahan tahun 1880-an ini jarang disinggahi oleh kereta api. Stasiun
berperon sisi ini memiliki tiga jalur rel.
9. Stasiun Malang Kotalama (1879)
Stasiun Malang Kotalama (MLK) merupakan stasiun kereta api yang
terletak di Kecamatan Sukun, Malang. Stasiun yang berada pada ketinggian
+429 m dpl ini berada di Daerah Operasi 8 Surabaya. Stasiun ini
merupakan stasiun KA paling selatan yang berada di Kota Malang, dan
tertua, dibangun pada tahun 1879. Penambahan nama “Kotalama” dimaksudkan
untuk membedakan dengan Stasiun Malang Kotabaru yang dibangun
belakangan.
Dari Stasiun Malang Kotalama terdapat percabangan rel yang menuju ke Dipo Pertamina.
8. Stasiun Surabaya Kota (1878)
Stasiun Surabaya Kota (SB) yang populer dengan nama Stasiun Semut
terletak di Bongkaran, Pabean Cantikan, Surabaya. Letaknya sebelah utara
Stasiun Surabaya Gubeng dan juga merupakan stasiun tujuan terakhir di
kota Surabaya dari jalur kereta api selatan pulau Jawa yang
menghubungkan Surabaya dengan Yogyakarta dan Bandung serta Jakarta.
Stasiun lain yang juga penting di Surabaya adalah Stasiun Pasar Turi
yang menghubungkan Surabaya dengan Semarang. Baru dalam masa
kemerdekaan, Jawatan Kereta Api mengadakan layanan kereta api antara
Jakarta dan Surabaya Pasar Turi melalui Semarang.
Berdasarkan sejarahnya, Stasiun Surabaya Kota dibangun ketika jalur kereta api Surabaya-Malang dan Pasuruan mulai dirintis sekitar tahun 1870. Tujuannya untuk mengangkut hasil bumi dan perkebunan dari daerah pedalaman Jatim, khususnya dari Malang, ke Pelabuhan Tanjung Perak yang juga mulai dibangun sekitar tahun itu. Gedung ini diresmikan pada tanggal 16 Mei 1878. Dengan meningkatnya penggunaan kereta api, pada tanggal 11 Nopember 1911, bangunan stasiun ini mengalami perluasan hingga ke bentuknya yang sekarang ini.
7. Stasiun Purwosari (1875)
Stasiun Purwosari (PWS) merupakan stasiun kereta api yang terletak di
Jl. Slamet Riyadi No. 502, Purwosari, Lawiyan, Surakarta. Stasiun yang
terletak pada ketinggian +98 m dpl ini berada di Daerah Operasi 6
Yogyakarta.
Stasiun Purwosari dibangun pada tahun 1875, dan merupakan stasiun tertua di Surakarta. Pembangunannya ditangani oleh NISM. Stasiun Purwosari berada di wilayah Mangkunegaran.
6. Stasiun Solo Balapan (1873)
Stasiun Solo Balapan (kode: SLO, +93m) adalah stasiun induk di
Kestalan dan Gilingan, Banjarsari, Surakarta yang menghubungkan Kota
Bandung, Jakarta, Surabaya, serta Semarang. Stasiun ini didirikan oleh
jaringan kereta api masa kolonial NIS pada abad ke-19 (tepatnya 1873)
5. Stasiun Kedungjati (1873)
Stasiun Kedungjati (KEJ) merupakan stasiun kereta api yang terletak
di Kedungjati, Kedungjati, Grobogan. Stasiun yang terletak pada
ketinggian +36 m dpl ini berada di Daerah Operasi 4 Semarang. Stasiun
Kedungjati diresmikan pada bulan 21 Mei 1873. Arsitektur stasiun ini
serupa dengan Stasiun Willem I di Ambarawa, bahkan dulu beroperasi jalur
KA dari Kedungjati ke Ambarawa, yang sudah tidak beroperasi pada tahun
1976. Pada tahun 1907, Stasiun Kedungjati yang tadinya dibangun dari
kayu diubah ke bata berplester dengan peron berkonstruksi baja dengan
atap dari seng setinggi 14,65 cm.
4. Stasiun Ambarawa (1873)
Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah stasiun kereta api yang
sekarang dialihfungsikan menjadi sebuah museum di Ambarawa, Jawa Tengah
yang memiliki kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada zamannya.
Salah satu kereta api uap dengan lokomotif nomor B 2502 dan B 2503
buatan Maschinenfabriek Esslingen sampai sekarang masih dapat
menjalankan aktivitas sebagai kereta api wisata. Kereta api uap
bergerigi ini sangat unik dan merupakan salah satu dari tiga yang masih
tersisa di dunia. Dua di antaranya ada di Swiss dan India. Selain
koleksi-koleksi unik tadi, masih dapat disaksikan berbagai macam jenis
lokomotif uap dari seri B, C, D hingga jenis CC yang paling besar (CC
5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik) di halaman museum.
3. Stasiun Lempuyangan (1872)
Stasiun Lempuyangan (kode: LPN, +114 m dpl) adalah stasiun kereta api
yang terletak di Kota Yogyakarta, berjarak sekitar 1 km di sebelah
timur dari stasiun utama di kota ini, yaitu Stasiun Yogyakarta. Stasiun
yang didirikan pada tanggal 2 Maret 1872 ini melayani pemberhentian
semua KA ekonomi yang melintasi Yogyakarta. Stasiun Lempuyangan beserta
dengan rel yang membujur dari barat ke timur merupakan perbatasan antara
Kecamatan Gondokusuman di utara dan Danurejan di selatan
2. Stasiun Semarang Tawang (1868)
Stasiun Semarang Tawang (kode SMT) adalah stasiun induk di Tanjung
Mas, Semarang Utara, Semarang yang melayani kereta api eksekutif dan
bisnis. Kereta api ekonomi tidak singgah di stasiun ini. Stasiun ini
merupakan stasiun kereta api besar tertua di Indonesia setelah Semarang
Gudang dan diresmikan pada tanggal 19 Juli 1868 untuk jalur Semarang
Tawang ke Tanggung. Jalur ini menggunakan lebar 1435 mm. Pada tahun 1873
jalur ini diperpanjang hingga Stasiun Solo Balapan dan melanjut hingga
Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta.
1. Stasiun Semarang Gudang / Tambaksari (1864)
Stasiun ini dibangun pada tanggal 16 Juni 1864 yang diresmikan oleh
Gubernur Jenderal Baron Sloet van de Beele. Untuk pengoperasian rute
ini, pemerintah Belanda menunjuk Nederlandsch Indische Spoorweg
Maatschappij (NIS), salah satu markas NIS yang sekarang dikenal sebagai
Gedung Lawang Sewu. Dan tepatnya pada 10 Agustus 1867 sebuah kereta
meluncur untuk pertama kalinya di stasiun ini.
sumber : http://palingseru.com/5891/10-stasiun-kereta-api-tertua-di-indonesia
9. Stasiun Malang Kotalama (1879)
Dari Stasiun Malang Kotalama terdapat percabangan rel yang menuju ke Dipo Pertamina.
8. Stasiun Surabaya Kota (1878)
Berdasarkan sejarahnya, Stasiun Surabaya Kota dibangun ketika jalur kereta api Surabaya-Malang dan Pasuruan mulai dirintis sekitar tahun 1870. Tujuannya untuk mengangkut hasil bumi dan perkebunan dari daerah pedalaman Jatim, khususnya dari Malang, ke Pelabuhan Tanjung Perak yang juga mulai dibangun sekitar tahun itu. Gedung ini diresmikan pada tanggal 16 Mei 1878. Dengan meningkatnya penggunaan kereta api, pada tanggal 11 Nopember 1911, bangunan stasiun ini mengalami perluasan hingga ke bentuknya yang sekarang ini.
7. Stasiun Purwosari (1875)
Stasiun Purwosari dibangun pada tahun 1875, dan merupakan stasiun tertua di Surakarta. Pembangunannya ditangani oleh NISM. Stasiun Purwosari berada di wilayah Mangkunegaran.
6. Stasiun Solo Balapan (1873)
5. Stasiun Kedungjati (1873)
4. Stasiun Ambarawa (1873)
3. Stasiun Lempuyangan (1872)
2. Stasiun Semarang Tawang (1868)
1. Stasiun Semarang Gudang / Tambaksari (1864)
sumber : http://palingseru.com/5891/10-stasiun-kereta-api-tertua-di-indonesia