Mitos Seputar Kesehatan Wanita




Mitos 1 : Menopause menghilangkan hasrat seks
Serangan rasa panas (hot flashes) dan ketidaknyamanan lain akibat menurunnya hormon estrogen mungkin membuat gairah seksual seorang wanita menurun. Namun sebenarnya tidak ada kaitan langsung antara menopause dan gairah seksual. Penelitian yang dilakukan oleh Edward Laumann di tahun 1994 menunjukkan separuh dari responden perempuan yang berusia lebih dari 50 tahun mengaku melakukan seks beberapa kali dalam sebulan.

Mitos 2: Kehamilan tak mungkin terjadi selama masa menstruasi
Menurut Aaron Carroll dari Indiana University, sperma bisa bertahan seminggu dalam organ reproduksi wanita. Oleh sebab itu, sel sperma yang sabar menanti itu bisa langsung membuahi sel telur yang matang dan ini bisa terjadi setelah, atau bahkan selama fase luruhnya dinding rahim atau saat menstruasi. Tak heran bila banyak pasangan yang gagal mencoba metode kontrasepsi sistem kalender.

Mitos 3: Antibiotik menghambat kerja pil KB
Menurut Caroll tingkat kegagalan pil KB memang sekitar satu persen dan angka ini tak berubah meski pengguna pil KB mengonsumsi antibiotik. Daya kerja pil KB mungkin akan terhambat oleh rifampin, antibiotik yang diresepkan untuk penderita tuberkulosis. Rifampin dicurigai menurunkan kadar hormon yang terdapat dalam pil KB, namun ini pun masih perlu dibuktikan lewat penelitian lanjutan.

Mitos 4: Pria dan Wanita butuh jam tidur sama
Kurang tidur bukan hanya menyebabkan rasa stres tapi juga meningkatkan kadar insulin dan inflamasi. Penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa wanita yang tidur hanya lima jam atau kurang dalam sehari beresiko lebih besar mengalami hipertensi dibanding wanita yang tidur 7 jam atau lebih. Pada pria, tidak ditemukan gangguan kesehatan serupa.

Mitos 5: Dokter bisa menilai wanita yang tidak perawan
Secara kasat mata dokter tak akan bisa secara akurat membedakan mana wanita yang masih perawan dengan yang tidak. Meski begitu, perubahan fisik yang dialami para ibu pasca kehamilan dan persalinan akan terlihat dan dengan mudah membedakannya dari wanita yang belum pernah punya anak.

sumber http://www.juhadi.co.cc/2010/03/mitos-seputar-kesehatan-wanita.html
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Pondok Reot Template | Pondok REot Template
Copyright © 2011. pondok reot - Hak cipta dilindungi undang-undang
Template Created by Creating Website Published by Pondok Reot Template
Proudly powered by Blogger