5 Buah dan Sayur yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Mempertahankan beberapa bahan makanan seperti sayur dan buah, tidak selamanya disimpan dalam ruang pendingin seperti kulkas. Sebaliknya, beberapa buah dan sayur justru akan cepat menjadi tidak segar jika disimpan didalam kulkas. Buah dan sayur apa yang dimaksud, simak artikel berikut lima jenis contohnya.

1. Tomat
Orang mengenal tomat sebagai buah, sayur, serta lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah. Tomat merupakan tumbuhan dengan siklus hidup yang singkat,cenderung cepat membusuk. Kebanyakan dari kita, beranggapan jikalau kulkas menjadi solusi mempertahankan kesegaran buah tomat.
Tapi sebenarnya, kulkas bukanlah tempat yang cocok untuk menyimpan tomat. Karena kulkas membuat Tomat menjadi layu. Sebaiknya anda cukup menyimpan tomat di tempat yang kering saja (namun tidak terkena sinar matahari langsung).




Tomat (sumber:wordpress.com)




2. Avokad
Perlakuan yang terbaik terhadap buah avokad adalah, menyimpannya dalam lemari kering jika avokad tersebut belum matang. Sebaliknya, simpan avokad yang telah matang dalam kulkas apabila buah tersebut tak akan dimakan saat itu juga.




Avokad (sumber:wordpress.com)




3. Kentang
Kentang baik disimpan pada suhu yang dingin dan kering seperti lemari atau keranjang bambu beralas kertas. Dan kulkas bukan merupakan referensi yang baik untuk menyimpan kentang. jadi menyimpan kentang di dalam kantong kertas di tempat dingin (seperti dalam lemari makanan) adalah yang terbaik.




Kentang (sumber:wordpress.com)




4. Kemangi
Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Kemangi akan dapat terlihat segar jika disimpan dalam sebuah wadah berair (ganti airnya setiap sehari atau dua hari sekali) dan jauhkan dari sinar matahari.




Kemangi (sumber:wordpress.com)




5. Bawang
Bawang merah dan bawang putih tidak seharusnya disimpan dalam kulkas. Untuk membuatnya bertahan lama, bkedua bawang tersebut  baik disimpan di tempat yang kering seperti lemari penyimpan makanan, bukan kulkas.
Sementara daun bawang dan kucai memiliki kadar air yang tinggi dan lebih mudah rusak, jadi harus disimpan di dalam kulkas.(**)




Bawang (sumber:wordpress.com)




Sumber: id.she.yahoo.com dan berbagai sumber, uniknya.com, Juli 2012
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Pondok Reot Template | Pondok REot Template
Copyright © 2011. pondok reot - Hak cipta dilindungi undang-undang
Template Created by Creating Website Published by Pondok Reot Template
Proudly powered by Blogger