Santap Makanan Ini untuk Cegah Dehidrasi




Minum air putih amatlah penting bagi kesehatan tubuh. Tubuh memerlukan asupan air putih 8 gelas setiap hari agar terhindar dari dehidrasi dan badan lemas.
Sayangnya, masih banyak orang yang tidak terlalu suka air putih karena tidak berwarna dan tidak memiliki rasa. Akibatnya, banyak orang yang minum minuman manis yang sebenarnya amat buruk bagi kesehatan.
Jika Anda tak suka minum air putih, Anda bisa menggantinya dengan makanan.Dr Howard Murad, penulis ‘The Water Secret: The Cellular Breakthrough to Look and Feel 10 Years Younger’ merekomendasikan beberapa makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan banyak air untuk menggantikan peran air putih bagi kesehatan tubuh.
Mentimun
Tidak hanya renyah saat dimakan dan rendah kalori, mentimun tinggi kandungan airnya, yang akan membuat Anda terhidrasi lebih lama. Selain itu, mentimun juga merupakan sumber dari silika, mineral yang memberikan kontribusi untuk kekuatan jaringan ikat. Saat akan menyantapnya, jangan pernah mengupas kulit mentimun karena kulit mentimun adalah sumber vitamin A,C dan asam folat. Tambahkan potongan dadu pada salad Anda atau iris mentimun dan taruh di piring Anda sebagai lauk yang menyegarkan.
Delima
Warnanya yang merah menjadikan delima sebagai buah yang kaya akan antioksidan. Buah ini juga menjadi sumber polifenol yang amat baik bagi tubuh dan cocok untuk dikonsumsi karena menghidrasi tubuh. Kombinasi yang unik dalam delima juga meningkatkan kemampuan pelindung tabir surya yang dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari.
Alpukat
Buah ini memang tak tampak seperti makanan hydrating. Namun, buah ini mengandung kalium, serta lemak sehat dan serat yang dapat membantu tubuh menahan air. Lemak monosaturated (lemak tak jenuh) dalam alpukat mengandung asam oleat yang mampu menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan membantu mengontrol diabetes dan kolesterol.
Brokoli
Sayuran ternyata juga bisa mengganti peran air bagi tubuh. Brokoli dan sayuran hijau lainnya, seperti bayam, merupakan sumber dari alpha lipoic acid (ALA) yang merupakan antioksidan larut dalam air, pembakar lemak dan anti inflamasi. Brokoli juga sebagian besar mengandung air, sehingga bagus untuk mencegah dehidrasi.
Mangga
Apakah kulit Anda sering merasa kering? Makan mangga! Mangga penuh dengan vitamin dan mineral, terutama vitamin A. Vitamin A ini menormalkan siklus produksi dan kehidupan sel kulit. Konsumsi mangga setiap hari untuk menyegarkan dan menghidrasi tubuh. Mangga juga dapat memperbaiki kulit Anda jika Anda mengalami jerawat. Menurut ahli medis, jerawat pada kulit terjadi karena adanya kelebihan produksi sel-sel dalam stratum korneum, yang merupakan lapisan terluar kulit dan terdiri dari biologis sel mati. Vitamin A dalam mangga membantu mencegah kelebihan produksi sel kulit pada stratum korneum.
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Pondok Reot Template | Pondok REot Template
Copyright © 2011. pondok reot - Hak cipta dilindungi undang-undang
Template Created by Creating Website Published by Pondok Reot Template
Proudly powered by Blogger